sign up SIGN UP search


parenting

Mengenal Siklus Daur Hidup Ikan: Mulai dari Tahap Telur hingga Jadi Dewasa

Kinan   |   Haibunda Minggu, 11 Sep 2022 19:45 WIB
Ilustrasi Mengenal Siklus Daur Hidup Ikan: Mulai dari Tahap Telur hingga Jadi Dewasa caption
Jakarta -

Setiap makhluk hidup memiliki siklus kehidupan yang unik dan berbeda-beda, salah satunya seperti daur hidup ikan. Meski ada dua golongan yang berbeda yakni air tawar dan laut, secara garis besar daur hidup ikan hampir sama.

Dikutip dari buku Memahami Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4, 5, 6 SD oleh Redaksi Kawan Pustaka, daur hidup disebut juga sebagai metamorfosis. Metamorfosis adalah perubahan bentuk hewan secara bertahap dari telur sampai menjadi dewasa.

Metamorfosis terbagi menjadi dua, yakni sempurna dan tidak sempurna. Metamorfosis sempurna jika hewan dewasa yang terbentuk berbeda dengan saat awal kehidupannya. Misalnya pada kupu-kupu, katak, dan nyamuk.


Sementara itu, metamorfosis tidak sempurna yakni jika hewan dewasa yang terbentuk tidak jauh berbeda dengan saat awal kehidupannya. Salah satu metamorfosis tidak sempurna yakni daur hidup ikan. 

Tahapan siklus daur hidup ikan

Dikutip dari buku Arif Cerdas untuk Sekolah Dasar Kelas 5 oleh Christiana Umi, ikan hidup di air dan berkembang biak dengan cara bertelur.

Telur ikan menetas, lalu menjadi ikan muda, kemudian menjadi ikan dewasa. Bentuk ikan muda dan ikan dewasa tidak banyak mengalami perubahan.

Lantas seperti apa sih tahapan siklus hidup ikan dari fase telur hingga menjadi dewasa? Berikut ulasan lengkapnya, Bunda:

1. Telur

Siklus daur hidup ikan yang pertama yakni telur. Telur yang sudah dibuahi akan membentuk embrio pada bagian dalamnya. 

Keberadaan embrio ini menjadi salah satu ciri dimulainya kehidupan pada suatu organisme. Akan muncul sel-sel, jaringan, hingga organ tubuh secara bertahap.

Lama-kelamaan akan terlihat ada seperti ekor yang 'membungkus' telur. Saat kemudian telur menetas, ekor embrio tersebut akan keluar dari cangkang. Nah, setelah itu siklus akan berlanjut tahap berikutnya yakni larva.

2. Larva

Larva ikan memiliki ciri berupa kantung kuning telur. Kantung ini berfungsi sebagai sumber nutrisi sebelum akhirnya ia bisa makan sendiri.

Biasanya larva akan bertahan hidup dengan memakan kuning telur ini selama sekitar 2-4 hari. Proses ini dinamakan sebagai endogen.

Jika mulut dan mata larva sudah semakin berkembang, maka ia sudah bisa makan organisme lain atau partikel kecil lainnya. Proses ini disebut eksogen.

Ketahui tahapan siklus hidup ikan selanjutnya di halaman setelah ini, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video hal-hal sederhana yang bisa Bunda lakukan untuk optimalkan golden age Si Kecil:

[Gambas:Video Haibunda]



TAHAP IKAN MUDA DAN IKAN DEWASA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!