sign up SIGN UP search


parenting

Daur Hidup Capung, Salah Satu Contoh Metamorfosis Tidak Sempurna

Nanie Wardhani   |   Haibunda Senin, 29 Aug 2022 19:45 WIB
Ilustrasi daur hidup capung caption

Tahukah Bunda bahwa daur hidup capung adalah salah satu contoh dari metamorfosis tidak sempurna? 

Sebelum melanjutkan mengenai daur hidup capung, sebelumnya Bunda perlu tahu dahulu nih bahwa salah satu bagian dari proses kehidupan adalah bahwa semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. 

Hewan dan manusia mengalami beberapa tahapan pertumbuhan dan perkembangan dalam kehidupannya. Khusus pada hewan, tahapan pertumbuhan dan perkembangan ini pun berbeda-beda pada setiap hewan.


Ada jenis hewan yang mengalami perubahan bentuk di setiap tahap hidupnya. Namun, ada pula hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapannya, selain bertambah besar saja.

Hewan yang mengalami perubahan bentuk dalam siklus hidupnya disebut juga mengalami proses metamorfosis. Begitu juga sebaliknya, hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk dalam siklus hidupnya berarti tidak mengalami metamorfosis.

Metamorfosis sempurna dan tidak sempurna

Metamorfosis adalah perubahan bentuk hewan selama masa pertumbuhannya. Hewan dikatakan mengalami metamorfosis sempurna ketika terdapat perubahan bentuk pada setiap tahapan pertumbuhan dan perkembangannya.

Sementara bagi hewan yang mengalami perubahan bentuk hanya pada beberapa tahap tumbuh kembangnya dinamakan mengalami metamorfosis tidak sempurna.

Dikutip dari Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD kelas IV, metamorfosis sempurna pada serangga senantiasa melalui tahap kepompong (pupa). Contohnya serangga, kupu-kupu, nyamuk, dan lalat.

Sedangkan metamorfosis tidak sempurna pada serangga tidak melalui tahap kepompong. Contohnya belalang dan capung.

Apa itu daur hidup?

Mengutip Kamus Besar Bahasa Indonesia, daur hidup adalah rangkaian penahapan yang dilalui oleh suatu makhluk hidup, mulai dari masa remaja, dewasa, sampai terjadinya spora (biji atau telur yang dibuahi lagi).

Selain itu, daur hidup juga disebut sebagai siklus hidup. Tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan membentuk sebuah siklus hidup atau daur hidup.

Jadi, proses pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup mulai dari lahir atau menetas hingga dewasa disebut siklus hidup atau daur hidup.

Lalu bagaimana dengan daur hidup capung? Apakah capung mengalami metamorfosis sempurna atau tidak sempurna? Yuk simak di halaman berikutnya Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

[Gambas:Video Haibunda]



DAUR HIDUP CAPUNG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!