sign up SIGN UP search


parenting

5 Cara Mengatasi Gumoh pada Bayi Baru Lahir, Perhatikan Hal Ini Bun

Asri Ediyati   |   Haibunda Sabtu, 10 Sep 2022 19:17 WIB
Ilustrasi Ibu dan Bayi Ilustrasi 5 Cara Mengatasi Gumoh pada Bayi Baru Lahir, Perhatikan Hal Ini Bun. Foto: Getty Images/iStockphoto/tonefotografia
Jakarta -

Gumoh adalah hal yang terjadi ketika isi perut bayi naik kembali melalui mulut mereka. Sering disertai dengan sendawa. Setiap bayi melakukannya setidaknya sesekali. Beberapa melakukannya sering, bahkan dengan setiap menyusui.

Kebanyakan bayi yang gumoh itu menandakan mereka puas, nyaman, dan tumbuh dengan baik. Bayi tidak memiliki masalah pernapasan yang disebabkan oleh muntah. Gumoh juga merupakan hal normal dan bukan sakit sehingga tidak memerlukan obat.

Memang bayi gumoh atau keluarnya isi perut setelah menyusu, berantakan, membuat frustrasi orang tua dan itu sangat normal. Dikutip dari Mayoclinic, sebagian besar bayi berhenti gumoh pada usia 12 bulan.


Penyebab gumoh pada bayi baru lahir

Lalu, apa sih yang menyebabkan gumoh? Kylie Monk, Ph.D, dokter anak di Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles, California menjelaskan bahwa sistem pencernaan bayi masih berkembang, Bunda.

Sfingter esofagus bagian bawahnya yaitu cincin otot yang menyimpan makanan di perut, tidak berfungsi penuh selama beberapa bulan. Ini membuatnya sangat mudah untuk makanan yang baru saja dia makan untuk keluar kembali.

"Jika perut bayi Anda sangat penuh setelah menyusu atau Anda tiba-tiba mengubah posisinya setelah makan, misalnya, hal itu dapat memaksa makanan keluar dari perutnya dan naik ke kerongkongannya dalam bentuk gumoh," tulisnya, dikutip dari What to Expect.

Bayi juga mungkin akan gumoh saat bersendawa, ngiler, batuk, atau menangis. Fakta bahwa bayi yang masih minum ASI atau susu formula juga memudahkan isi perutnya untuk kembali naik.

Apa perbedaan antara gumoh dan muntah?

Gumoh adalah keluarnya isi perut bayi melalui mulutnya, mungkin dengan sendawa, namun dalam jumlah kecil. Muntah terjadi ketika alirannya kuat dan biasanya dikeluarkan dalam jumlah banyak.

Gumoh tidak mengganggu kesehatan bayi. Selama bayi tampak nyaman dan makan dengan baik dan berat badan bertambah, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Jika berat badan bayi bertambah, maka dia tidak dirugikan oleh kalori yang hilang karena gumoh.

Bagaimana cara mengatasi gumoh? Bunda bisa simak caranya di halaman berikutnya, ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video penyebab BAB bayi berbusa berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENGATASI GUMOH PADA BAYI BARU LAHIR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!