sign up SIGN UP search


parenting

Bagaimana Cara Melepas Popok untuk Ajarkan Anak Toilet Training?

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 07 Sep 2022 14:00 WIB
Young Mother training her toddler girl to use the potty caption
Jakarta -

Ketika anak sudah siap untuk melepas popok, Bunda bisa ajarkan Si Kecil berlatih menggunakan toilet, nih. Kegiatan ini biasanya disebut dengan toilet training.

Pelatihan toilet adalah tonggak utama bagi balita saat mereka belajar mendengarkan apa yang diinginkan tubuh, Bunda. Mereka akan menggunakan kamar mandi untuk buang air besar atau buang air kecil.

Sebelum melakukan toilet training, Bunda perlu pastikan apakah Si Kecil sudah benar-benar siap ya, Bunda. Kalau belum, mereka bisa stres dan frustrasi.


Manfaat toilet training

Melansir laman Kids World Kindy, ada beberapa manfaat mengajarkan anak toilet training, Bunda. Kalau penasaran, berikut ini deretannya.

1. Kebiasaan sehat

Kebanyakan anak memulai toilet training pada usia yang sama ketika mereka mulai belajar kebersihan pribadi dasar, Bunda. Rutinitas yang terkait dengan pelatihan toilet dapat membantu anak menerapkan pendekatan serupa untuk menyikat gigi dan mandi.

2. Peluang belajar

Ketika anak tidak lagi memakai popok, mereka akan menemukan dunia yang lebih terbuka, Bunda. Tak hanya itu, orang tua tidak perlu lagi khawatir popok kotor atau basah, terutama saat keluar rumah atau berlibur.

3. Percaya diri

Toilet training adalah fase utama anak yang difokuskan di prasekolah, Bunda. Anak yang berhasil toilet training akan sama senangnya dengan mereka yang lulus ujian. Terus memuji anak selama toilet training bisa meningkatkan harga diri dan membangun kepercayaan diri mereka.

Cara melepas popok dan mulai toilet training

Menurut Dokter Spesialis Anak, dr. Citra Amelinda, Sp.A, M.Kes, IBCLC, ada beberapa hal yang perlu Bunda perhatikan untuk mengetahui anak siap melepas popok, nih. Salah satunya adalah usia anak yang memasuki fase ini, Bunda.

"Cara melatihnya, perhatikan jika sudah mulai ada tanda kesiapan toilet training di sekitar usia 2 tahun," katanya pada HaiBunda, belum lama ini.

Tak hanya itu, dr. Citra mengatakan anak yang siap melakukan toilet training akan mulai memahami sinyal untuk melakukan buang air kecil atau besar. Anak juga akan merasa risih ketika popoknya basah atau kotor.

"Anak sudah mulai mengenali sinyal kebelet dan mulai risih jika basah atau kotor di celana," lanjutnya.

Melatih anak menggunakan toilet memang bukan hal mudah, Bunda. Karena itu, ada beberapa hal yang perlu Bunda perhatikan, nih.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat tips melatih anak toilet training, yuk.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tanda anak siap toilet training berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PILIH WAKTU YANG TEPAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!