sign up SIGN UP search


parenting

Ini Bun, Popok Bayi Terlaris di E-Commerce Saat 12.12

Yuni Ayu Amida Senin, 04 Jan 2021 19:32 WIB
Clean baby is a happy baby. Mother changing the baby's diaper. Close up. caption
Jakarta -

Demi meningkatkan penjualan dan menggaet para pengguna, e-commerce melakukan promosi besar-besaran setiap bulan. Biasanya, promosi ini jatuh pada tanggal cantik, salah satunya promosi 12.12 pada 12 Desember 2020 lalu.

Tentunya, promosi ini tak hanya memberi keuntungan untuk e-commerce itu sendiri, Bunda. Konsumen juga bisa belanja hemat dengan mendapatkan harga murah. Dan tentu saja, para seller karena bisa meningkatkan penjualan produk.

Di sisi lain, menurut sebuah survey, ternyata ada satu kategori yang diminati pada momen 12.12 2020 lho. Kategori tersebut adalah produk Mom & Baby.


Compas.co.id merangkum penjualan kategori Mom & Baby pada saat momen kampanye 12.12 2020 di dua e-Commerce raksasa, Shopee dan Tokopedia, melalui Report e-Commerce Market Insight Harbolnas 2020.

Data dari laporan tersebut menunjukkan, Shopee berhasil meraih 76,3 persen penjualan pada 12.12 dalam kategori mom & baby. Sementara Tokopedia meraih 23,7 persen. Bahkan, hanya dalam satu kategori tersebut, Shopee berhasil meraup Rp42 miliar nilai penjualan sepanjang 12.12.

Lebih lanjut, dari data itu juga didapat bahwa kategori mom & baby dijuarai oleh produk susu formula, dengan perolehan penjualan sebesar 61 persen, dan popok bayi yang berhasil meraih penjualan sebesar 20,7 persen.

Nah, merek popok bayi apa yang berhasil menduduki peringkat pertama?

Ternyata, popok bayi yang paling banyak dibeli saat event 12.12 2020 adalah MamyPoko Pants L30, Bunda. Tak tanggung-tanggung, penjualannya dalam sehari mencapai Rp1,2 miliar. Wow!

Dari hasil market insight di atas, bisa disimpulkan kalau produk susu formula dan popok bayi jadi yang paling laris di pasar daring, mengingat kedua produk tersebut merupakan kebutuhan dasar bagi para ibu yang memiliki anak bayi hingga balita.

Market insight ini juga bisa dijadikan sebagai acuan peluang bagi para pedagang daring, sehingga bisa mengetahui brand mana yang menguasai pasar dari kategori tertentu. Jadi, ini bisa membantu pelaku usaha menentukan strategi terbaik untuk dapat memimpin kampanye promosi selanjutnya.

Simak juga tips mengganti popok bayi, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Maia Estianty Sembuh Covid-19Foto: Mia Kurnia Sari
(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi