sign up SIGN UP search


parenting

Benarkah Imunisasi Bisa Akibatkan Autisme? Begini Kata Dokter Anak

Mutiara Putri   |   Haibunda Jumat, 09 Sep 2022 18:55 WIB
Portrait of baby girl receiving vaccination. Ilustrasi Benarkah Imunisasi Bisa Akibatkan Autisme? Begini Kata Dokter Anak/Foto: Getty Images/iStockphoto/naumoid
Jakarta -

Imunisasi merupakan kegiatan wajib bagi bayi baru lahir untuk mencegah datangnya penyakit di kemudian hari, Bunda. Sayangnya, masih banyak orang tua yang tidak melakukan imunisasi pada anaknya karena adanya isu akan menyebabkan autisme.

Melansir laman CDC, autisme merupakan gangguan perkembangan yang disebabkan oleh perbedaan di otak. Anak dengan autisme biasanya memiliki masalah dengan komunikasi, interaksi sosial, dan perilaku atau minat yang terbatas atau berulang.

Lantas, benarkah imunisasi bisa menyebabkan anak menjadi autisme?


Hubungan imunisasi dan autisme

Menurut Dokter Spesialis Anak dr. Meta Hanindita, Sp.A(K), belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa imunisasi bisa mengakibatkan autisme, Bunda. Namun, isu ini memang sempat viral pada tahun 90-an. 

"Sebetulnya sampai dengan saat ini tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa imunisasi bisa mengakibatkan autisme," katanya dikutip dari akun TikTok-nya @meta.hanindita, pada Kamis (8/9/2022). HaiBunda sudah mendapat izin kutip dari akun dokter Meta tersebut.

"Awal mula isu ini berkembang adalah di tahun 1998 pada saat dr. Andrew Wakefield melaporkan adanya hubungan antara vaksin MMR dengan autisme," lanjutnya.

Setelah munculnya isu ini, ada banyak ahli yang mencoba untuk membuktikan hal ini, Bunda. Namun, para peneliti tidak mendapatkan hasil yang sama dengan dokter Wakefield.

Ketika diusut lebih lanjut, ternyata diketahui dr. Wakefield berbohong dalam melaporkan kasusnya. Kini, jurnal yang ia teliti itu pun telah ditarik dan izin praktik dr. Wakefield telah dicabut.

"Belakangan diketahui bahwa dr. Andrew Wakefield tidak jujur dalam melaporkan kasusnya atau melakukan penipuan alias fraud, sehingga jurnal tersebut ditarik dan izin praktik beliau juga dicabut," jelas dokter Meta.

Ada beberapa imunisasi yang baiknya diberikan pada Si Kecil sejak hari ia dilahirkan, Bunda. Misalnya saja imunisasi hepatitis B. Namun, imunisasi ini harus ditunda ketika Si Kecil terlahir dengan berat kurang dari 2 kg.

Selain imunisasi hepatitis B, imunisasi apa lagi yang harus diberikan pada Si Kecil ya, Bunda? Klik baca halaman berikutnya, yuk.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa lihat juga video fakta seputar imunisasi anak berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



IMUNISASI BAYI BARU LAHIR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!