sign up SIGN UP search


parenting

7 Makanan yang Dapat Bantu Membersihkan Paru-Paru, Yuk Mulai Hidup Sehat Bun

Amira Salsabila   |   Haibunda Kamis, 08 Sep 2022 16:47 WIB
apple isolated on wood background caption
Jakarta -

Menjaga kesehatan paru-paru adalah salah satu hal yang perlu dilakukan setiap orang dalam hidupnya. Untuk menjaga kesehatannya, ada beberapa makanan yang dipercaya dapat membantu membersihkan paru-paru, lho.

Tidak dapat dimungkiri lagi, menjaga kesehatan tubuh dengan menjaga pola hidup yang sehat adalah salah satu kunci memiliki tubuh yang sehat. Paru-paru adalah salah satu organ tubuh yang paling penting dalam sistem pernapasan.

Paru-paru yang kotor bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit mematikan, seperti infeksi saluran pernapasan, asma, Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), dan penyakit pernapasan yang lainnya.


Oleh karena itu, Bunda perlu memastikan menjalani pola hidup yang sehat untuk menjaga kesehatan paru-paru. Dalam hal menjaga pola hidup sehat, tentunya juga berkaitan dengan pola makan Bunda.

Tahukah Bunda? Ada beberapa makanan yang dipercaya bisa membantu Bunda membersihkan paru-paru? Makanan apa sajakah itu? Simak artikel selengkapnya berikut ini, ya, Bunda.

7 Makanan untuk membersihkan paru-paru

Berikut adalah 7 makanan yang dipercaya dapat membersihkan paru-paru. Simak berikut ini, ya, Bunda.

1. Paprika

Makanan yang satu ini adalah salah satu sumber yang kaya akan vitamin C. Mengonsumsi satu paprika merah berukuran sedang dapat memberikan 169 persen dari asupan vitamin C yang direkomendasikan.

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa perokok dengan asupan vitamin C yang tinggi memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang rendah.

2. Apel

Makan apel secara teratur juga diyakini dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru menjadi lebih baik, lho, Bunda. Mengonsumsi lima apel atau lebih per minggunya bisa membantu Bunda meningkatkan fungsi paru-paru lebih besar dan menurunkan risiko Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK).

3. Labu

Daging labu yang berwarna kuning cerah juga dipercaya mengandung berbagai senyawa tanaman yang dapat meningkatkan kesehatan paru-paru Bunda. Labu sangat kaya akan senyawa karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat.

Penelitian menunjukkan bahwa kadar karotenoid dalam darah yang tinggi menjadikan kinerja paru-paru lebih baik lagi. Makanan ini sangat dianjurkan untuk para perokok. Hal ini karena perokok mempunyai konsentrasi antioksidan karotenoid 25 persen lebih rendah yang dapat menyebabkan kesehatan sistem pernapasan.

4. Kunyit

Kunyit adalah salah satu makanan yang seringkali digunakan sebagai pengobatan berbagai penyakit, salah satunya adalah untuk membersihkan paru-paru. Hal ini karena efek antioksidan dan anti-inflamasinya yang sangat kuat. Tak hanya itu, kurkuma, komponen aktif utama dalam kunyit juga dapat memberikan efek yang baik untuk fungsi paru-paru.

Salah satu penelitian pada 2012 menunjukkan bahwa asupan kurkuma dapat meningkatkan performa paru-paru. Selain itu, para perokok yang memiliki asupan kurkuma secara signifikan memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik.

Lalu, makanan apa lagi yang bisa bantu membersihkan paru-paru?

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video cara mencegah ISPA pada anak yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(asa/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!