sign up SIGN UP search


kehamilan

10 Makanan dan Minuman yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Termasuk Jus Segar

Melly Febrida   |   Haibunda Minggu, 24 Jul 2022 18:20 WIB
Cute pregnant brunete woman relaxing on sofa and enjoying a vegetable salad.She's in late 20's.Wearing beige pregnancy pants and pink sleeveless tank top caption
Jakarta -

Semua asupan, Makanan yang ibu hamil (bumil) konsumsi dapat berdampak ke janin di kandungan. Untuk itu, Bunda memang sebaiknya mulai membiasakan diri memilih dan memilah makanan sehat demi perkembangan janin.

Ada banyak pilihan makanan sehat, tapi tak sedikit pula beberapa makanan yang perlu Bunda hindari karena bisa menimbulkan risiko pada kehamilan. 

Sejumlah dokter mungkin tak melarang bumil untuk mengonsumsi makanan apa pun asal tidak berlebihan. Sebagian besar makanan memang aman, tapi ada beberapa makanan yang sebaiknya bumil hindari atau waspadai karena dapat membahayakan bayi.


Dalam laman American Pregnancy Association disebutkan bahwa makan makanan yang seimbang itu penting di setiap saat, terlebih lagi ketika Bunda sedang hamil. Bayi yang sedang berkembang membutuhkan nutrisi penting, vitamin, dan mineral. 

Namun, banyaknya varian kuliner yang mengunggah selera tentu membuat Bunda kerap bingung, apakah aman dimakan atau tidak.

Pentingnya bumil menyantap makanan matang

Traci C Johnson, MD, dokter kandungan-ginekologi di Snellville, mengatakan bahwa Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) merekomendasikan ibu boleh makan ikan dan makanan laut, tapi pilih yang sudah dimasak dengan matang.

"Makanan laut memang sumber protein yang baik. Tapi makanan mentah dapat menjadi sumber parasit dan bakteri berbahaya," ujar Johnson dikutip dari laman WebMD. 

Tak hanya ikan mentah, kata Johnson, bumil juga tidak boleh makan ikan yang mengandung merkuri tingkat tinggi. Merkuri yang dikonsumsi selama kehamilan telah dikaitkan dengan keterlambatan perkembangan dan kerusakan otak. 

Contoh ikan jenis ini termasuk hiu, ikan todak, king mackerel, dan tilefish. Tuna potongan kalengan umumnya memiliki jumlah merkuri yang lebih rendah daripada tuna lainnya, tetapi tetap hanya boleh dimakan dalam jumlah sedang. 

Makanan yang perlu dihindari ibu hamil

Makanan apa lagi yang sebaiknya bumil waspadai? Yuk simak penjelasannya di bawah ini:

1. Daging mentah

Bunda yang suka makan steak, sebaiknya mulai sekarang memesan yang dagingnya matang selama kehamilan atau well done. Ini karena daging mentah atau setengah matang dapat menampung toksoplasma dan bakteri lainnya seperti bakteri coliform dan salmonella. 

Pastikan jika Bunda memasak daging di rumah, suhunya harus mencapai setidaknya 62 derajat C (145 F) untuk potongan utuh, 71 derajat C (160 derajat F) untuk daging giling seperti hamburger, dan 73 derajat C (165 derajat F) untuk dada ayam.

2. Jus segar

Saat makan bersama keluarga di restoran, bumil mungkin tergoda memesan jus segar. Namun waspadalah, bisa saja jus segar di restoran atau kios tidak dipasteurisasi. Padahal cara tersebut melindunginya dari bakteri berbahaya. Termasuk salmonella dan E coli. 

Beberapa pasar juga menjual jus mentah yang tidak dipasteurisasi dalam wadah berpendingin. Untuk itu, cari label peringatan yang diperlukan, dan hindari. 

"Wanita hamil harus memilih jus yang dipasteurisasi. Jus dalam kotak dan botol di rak supermarket Anda juga aman," jelas Johnson.

Untuk makanan dan minuman lainnya yang sebaiknya diwaspadai bumil, klik halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 makanan yang bisa picu hipertensi pada ibu hamil.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
8 MAKANAN DAN MINUMAN LAINNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!