sign up SIGN UP search


parenting

7 Cara Mencuci Seragam Sekolah Anak agar Putih Kinclong dan Tak Gampang Rusak

Mutiara Putri   |   Haibunda Sabtu, 10 Sep 2022 04:00 WIB
Young woman or housekeeper has a laundry day at home, she takes the laundry or whites out of your washing machine or the dryer caption
Jakarta -

Si Kecil sudah mulai kembali sekolah secara tatap muka ya, Bunda? Kalau begitu, Bunda harus bisa menjaga seragam sekolahnya agar tetap putih kinclong dan tahan lama.

Setelah anak sekolah, biasanya anak akan meminta dibelikan kembali seragam sekolah di tahun berikutnya. Hal ini lantaran seragam sekolahnya sudah menguning atau tak layak pakai.

Setidaknya 90 persen sekolah mewajibkan anak-anaknya menggunakan seragam sekolah selama belajar. Kalau setiap tahun harus membeli seragam sekolah baru, bayangkan berapa biaya yang harus Bunda keluarkan.


Cara mencuci seragam sekolah agar putih kinclong

Memastikan seragam sekolah anak bertahan lama dan tetap putih kinclong adalah salah satu cara terbaik Bunda bisa menghemat uang. Namun, noda seperti tanah, cairan, atau bahkan tumpahan saus, tidak akan pernah bisa dihindari ya, Bunda.

Ada beberapa tips mencuci yang bisa Bunda lakukan agar seragam sekolah Si Kecil tetap putih kinclong dan tahan lama, nih. 

Kalau penasaran, berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya dari laman The Spruce.

1. Pisahkan pakaian dengan warna putih

Langkah pertama yang harus Bunda lakukan untuk menjaga seragam putih Si Kecil tetap kinclong adalah dengan menyortir atau memisahkannya dari pakaian yang lain. Jangan gabungkan pakaian putih dengan pakaian warna lainnya ya, Bunda.

Cucilah seragam putih Si Kecil secara terpisah untuk mencegah adanya luntur atau transfer warna dari pakaian lainnya. Kalau ini terjadi, pakaian putih akan memiliki warna yang lebih kusam.

2. Pilih deterjen yang tepat

Saat mencari deterjen pakaian putih yang cocok, Bunda perlu periksa bahan-bahannya. Pastikan deterjen tidak mengandung pencerah optik, ya.

Seperti namanya, kandungan pencerah optik akan bekerja dengan cara menipu mata. Kandungan ini akan membengkokkan gelombang cahaya ultraviolet untuk menampilkan cahaya biru sambil meminimalkan cahaya kuning yang Bunda lihat, sehingga seragam Si Kecil akan tampak lebih putih.

Jangan berpikir bahwa deterjen ini memiliki hasil yang baik, ya. Faktanya, terlalu banyak menggunakan deterjen dapat tertinggal di serat kain.

3. Bersihkan noda tertinggal

Saat Bunda melihat ada noda di seragam sekolah Si Kecil, segera bersihkan nodanya sesuai dengan jenis kainnya, ya. Klorin bisa memutihkan kembali pakaian, namun dapat merusak kain jika digunakan berlebihan.

Pemutih berbasis oksigen biasanya jauh lebih aman untuk digunakan untuk semua jenis kain, Bunda. Namun, jangan gunakan pada kain wol atau sutra, ya.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat tips mencuci seragam sekolah agar putih kinclong yang lainnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video alasan orang tua Cinta Laura pilih sekolah internasional berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS MENCUCI SERAGAM SEKOLAH AGAR PUTIH KINCLONG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!