sign up SIGN UP search


parenting

5 Cara agar Rambut Bayi Tumbuh Lebat, Benarkah Pilihan Sampo Berpengaruh?

Tim HaiBunda   |   Haibunda Rabu, 14 Sep 2022 22:50 WIB
Asian mother cleaning eye her adorable baby after bathing at home. caption
Jakarta -

Tak ada yang bisa memprediksi seberapa banyak rambut bayi ketika lahir, Bunda. Beberapa bayi bahkan lahir dengan rambut yang tipis. 

Warna dan banyaknya rambut yang dimiliki bayi saat lahir sebagian besar dipengaruhi oleh genetikanya. Mengutip laman Healthline, setidaknya pertumbuhan rambut bayi terjadi pada minggu ke-30 selama kehamilan.

Selain itu, ternyata hormon juga berpengaruh pada jumlah rambut bayi baru lahir nih, Bunda. Di dalam rahim, kadar hormon tinggi bisa mempercepat pertumbuhan bayi. Setelah melahirkan, kadar hormon turun dengan cepat sehingga pertumbuhan rambut bayi melambat.


Cara agar rambut bayi tumbuh lebat

Melansir laman Healthline, ada beberapa tips yang bisa Bunda lakukan untuk menumbuhkan rambut bayi agar tumbuh lebih lebat. Berikut ini Bubun bantu rangkumkan ulasannya:

1. Olesi minyak kelapa

Minyak kelapa kaya akan vitamin E yang merupakan nutrisi dengan sifat antioksidan, Bunda. Tak hanya bermanfaat bagi kulit, minyak kelapa juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala.

Dalam sebuah penelitian pada tahun 2003, para peneliti menemukan minyak kelapa bermanfaat pada rambut saat digunakan sebagai produk pencuci atau perawatan. Ketika dicampur dengan minyak bunga matahari dan mineral, ramuan ini bisa bantu mengurangi kerontokan protein rambut.

Untuk membantu merangsang rambut yang lebih tebal dan lebat, Bunda bisa oleskan minyak kelapa dengan lembut ke kepala bayi selama beberapa kali per minggu. Minyak kelapa akan melembapkan rambut dan membantu menghilangkan cradle cap atau dermatitis seboroik.

2. Sisir dan pijat kepala bayi

Young beautiful mother take a bath her sweet babyIlustrasi Cara Agar Rambut Bayi Tumbuh Lebat/Foto: Getty Images/iStockphoto/Vesnaandjic

Menyisir, menyikat, dan memijat kulit kepala bayi dengan lembut juga bisa merangsang pertumbuhan rambut, Bunda. Hal ini lantaran perawatan rutin dapat menghilangkan cradle cap dan menghilangkan kulit kering.

3. Gunakan handuk yang lembut

Saat mengeringkan rambut bayi setelah keramas, pastikan Bunda sangat berhati-hati, ya. Gunakan handuk yang lembut untuk mengeringkan rambut Si Kecil.

Menggunakan handuk yang berbahan keras berpotensi merusak foliker rambut muda, Bunda. Hal ini juga bisa memperlambat pertumbuhan rambut.

4. Potong rambut

Beberapa orang tua ragu untuk mencukur rambut bayinya. Namun, mencukur rambut perlu dilakukan jika Si Kecil mengalami rambut rontok atau bintik-bintik botak.

Banyak yang percaya mencukur rambut bayi bisa mempercepat pertumbuhan rambut bayi. Namun, tidak ada penelitian yang mendukung pernyataan ini, Bunda.

Kalau Bunda memutuskan untuk mencukur rambutnya, potonglah helai yang lebih panjang terlebih dahulu menggunakan pisau cukup. Setelah memotong rambut bayi, oleskan pelembap ke kulit kepala untuk menghindari kulitnya kering.

5. Gunakan sampo yang lembut

Bunda mungkin merasa khawatir saat mencuci kepala bayi ketika mandi. Namun, keramas secara teratur akan menjaga kulit kepala Si Kecil tetap bersih dan juga menghilangkan cradle cap.

Setelah bayi keluar dari fase baru lahir, Bunda bisa memandikannya sekali seminggu. Cuci rambutnya setiap dua atau tiga hari sekali. Pastikan juga Bunda menggunakan air hangat dan sampo bayi yang lembut.

Akumulasi kotoran pada kepala bayi akan menyebabkan kekeringan. Hal ini bisa memperlambat pertumbuhan rambut, Bunda.

Pemilihan sampo yang baik untuk Si Kecil tentu tak boleh sembarangan, Bunda. Agar lebih pasti, Bunda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sehingga Bunda akan mendapat masukan yang tepat dalam memilih produk sampo yang tepat untuk anak.

Sementara itu, ada beberapa deretan rekomendasi sampo bayi yang mengklaim baik digunakan untuk kulit kepala bayi, Bunda. Klik baca halaman berikutnya untuk melihat deretannya, ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa saksikan lagi video tips pijat dan memandikan bayi baru lahir berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
REKOMENDASI SAMPO YANG AMAN UNTUK KULIT KEPALA BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!