sign up SIGN UP search


parenting

7 Contoh Tari Tradisional Indonesia dan Asalnya, Perkenalkan pada Si Kecil Yuk!

Kinan   |   Haibunda Senin, 19 Sep 2022 04:00 WIB
contoh tari tradisional di indonesia caption
Jakarta -

Indonesia memiliki beragam budaya yang khas dan sangat menawan, salah satunya dari berbagai contoh tari tradisional yang ada. Tiap jenis tarian memiliki filosofi yang berbeda-beda pula.

Dikutip dari buku Antropologi: Mengungkap Keragaman Budaya untuk Kelas XII oleh Tedi Sutardi, seni tari Indonesia biasanya dilakukan dengan iringan musik dari alat musik tradisional. 

Beberapa contoh alat musik yang sering digunakan untuk mengiringi tari tradisional Indonesia misalnya seperti gamelan atau tabuhan (karawitan).


Selain musik, keunikan contoh tari tradisional khas Indonesia juga terletak pada segi gerak, busana, dan riasannya. 

Khusus untuk segi gerak, biasanya tari tradisional memiliki patokan tersendiri dan masing-masing ada keunikannya. Termasuk seperti gerakan kaki, tangan, kepala, dan bahkan mata.

Contoh tari tradisional Indonesia 

Nah, apa saja contoh tari tradisional Indonesia yang dapat mulai Bunda perkenalkan pada Si Kecil sejak dini? Yuk simak ulasannya berikut ini:

1. Tari Sulintang

Dikutip dari buku Seni Budaya dan Keterampilan Kelas 6 SD oleh Drs. Sri Murtono, MPd, dkk, Tari Sulintang adalah salah satu contoh tari tradisional dari Jawa Barat. Tarian ini menggambarkan gerak-gerik gadis khas remaja.

Tari tradisional ini juga disebut dengan 'Damar Kanginan' (artinya: api pelita tertiup angin), karena gerakannya yang penuh dinamika dan lincah.

2. Tari Piring

Menurut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Tari Piring menjadi salah satu contoh tari tradisional Indonesia yang sangat indah. 

Tarian yang berasal dari Sumatra Barat ini biasanya dipertunjukkan dalam acara pernikahan, penyambutan tamu, serta upacara adat.

Uniknya, tarian ini menggunakan piring sebagai ornamen yang digunakan oleh para penarinya. Mereka membawa piring di kedua tangannya tanpa jatuh dan pecah. Bahkan jika piring dilemparkan ke atas dan pecah, penari akan melakukan gerakan tarian di atas piring tanpa terluka.

3. Tari Topeng

Contoh tari tradisional lain dari Indonesia yakni Tari Topeng, yang khususnya berasal dari budaya Betawi. 

Pakaian penari terdiri dari kembang (hiasan kepala dari kain perca), toka-toka (dua lembar kain hias penutup dada dan punggung), ampok (penutup perut), kain kebaya, batik, selendang, dan andong.

Simak beberapa contoh tarian khas Indonesia lainnya di halaman berikut, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Tonton juga video 7 aktivitas untuk bantu terapi wicara saat anak speech delay berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TARI RATOH JAROE HINGGA TARI CACI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!