sign up SIGN UP search


parenting

Cara Memilih Popok yang Tepat Sesuai dengan Kondisi Kulit Anak

Tim HaiBunda   |   Haibunda Kamis, 22 Sep 2022 12:06 WIB
Baby hands and white diaper on light pink blue table background. Pastel color. Closeup. Point of view shot. Top down view. Ilustrasi Cara Memilih Popok Bayi yang Tepat/Foto: Getty Images/iStockphoto/FotoDuets
Jakarta -

Penggunaan popok menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan pada anak, khususnya bayi baru lahir, Bunda. Tak hanya itu, bayi cenderung memiliki kulit sensitif sehingga pemilihan popok tidak bisa sembarangan.

Secara alami, bayi memiliki kulit yang lebih sensitif daripada kulit anak-anak dan orang dewasa. Karena itu, Bunda pasti kesulitan ketika bayi mengalami iritasi dan peka terhadap sesuatu.

Melansir laman Healthline, beberapa bayi mengalami kulit kering dan ruam setelah kontak dengan berbagai zat. Reaksi ini terjadi setelah bayi mengalami kontak langsung dengan sabun mandi, lotion, atau apapun yang mengandung wewangian.


Bunda perlu tahu zat dan kandungan apa yang membuat Si Kecil menjadi sangat sensitif. Namun, salah satu hal yang perlu Bunda coba lakukan adalah dengan selalu menjaga popok tetap bersih dan kering.

Cara memilih popok sesuai dengan kondisi kulit

Mengutip dari laman Parenting First Cry, ada beberapa hal yang perlu Bunda perhatikan saat memilih popok yang tepat untuk Si Kecil sesuai dengan kondisi kulitnya. 

Berikut ini hal-hal tentang cara memilih popok untuk Si Kecil:

1. Faktor kelembutan

Karena bayi memiliki kulit yang halus dan sensitif, bahan yang digunakan popok menjadi faktor penting sebelum membelinya, Bunda. Pastikan popok Si Kecil terbuat dari bahan yang lembut dan memiliki sirkulasi baik agar tidak membatasi aliran udara ke bagian bokongnya.

2. Kebiasaan anak buang air besar

Setiap anak memiliki kebiasaan buang air kecil dan besar yang unik. Namun, bayi baru lahir mungkin lebih sering buang air kecil dan besar sepanjang hari.

Saat bayi memiliki siklus buang air besar yang sering, Bunda perlu memilih popok yang tahan lama dan memiliki daya serap tinggi. Hal ini agar bayi terhindar dari kelembapan yang mungkin menyebabkan ruam popok.

3. Kenyamanan

Merawat bayi dan anak-anak yang masih menggunakan popok membuat Bunda sering terbangun di malam hari, ya? Dalam situasi ini, popok sekali pakai bisa memberikan kenyamanan dan kebersihan karena tidak perlu dicuci seperti popok kain.

Mother changing a diaper of her newborn at homeIlustrasi cara memilih popok bayi/Foto: Getty Images/iStockphoto/Anna Volgina

4. Sesuaikan ukurannya

Tidak seperti pakaian, popok tidak dibeli sesuai dengan usia namun sesuai dengan berat bayi, Bunda. Jika popok yang digunakan tidak dalam ukuran yang tepat, hal ini akan menyebabkan ketidaknyamanan pada bayi.

Popok mungkin akan mengalami kebocoran sehingga kulitnya menjadi ruam. Bunda perlu pahami ukuran yang pas untuk bayi. Biasanya, popok sekali pakai menyediakan ukuran untuk bayi baru lahir, ukuran kecil, sedang, besar, hingga ekstra besar.

5. Merek

Nah, merek juga menjadi hal yang perlu Bunda perhatikan agar kulit Si Kecil tetap terjaga selama memakai popok, ya. Merek terkenal yang telah berkecimpung lama dalam bisnis pembuatan popok tentu lebih baik daripada merek yang sebelumnya tak pernah terdengar.

Perusahaan-perusahaan ini biasanya telah melakukan penelitian untuk menghasilkan popok berkualitas yang lebih baru dan lebih baik. Tentunya, daya serap popok juga sudah sangat diperhatikan.

Meskipun ada banyak merek popok yang bisa Bunda temukan untuk anak, Bunda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum membelinya. Hal ini dilakukan agar anak mendapatkan popok yang sesuai dengan kondisi kulitnya.

Ada beberapa rekomendasi popok yang bisa Bunda temukan di supermarket ternama. Kalau penasaran dengan deretannya, klik baca halaman berikutnya, ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa saksikan juga video cara Si Kecil lepas dari popok sekaligus ajarkan toilet training berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



REKOMENDASI POPOK UNTUK ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!