sign up SIGN UP search

parenting

10 Stimulasi Perkembangan Bayi 3 Bulan, Bercermin hingga Main Cilukba

Asri Ediyati   |   Haibunda Senin, 26 Sep 2022 18:31 WIB
bayi 4 bulan sudah bisa apa caption

Ketika menginjak usia tiga bulan, bayi mulai menunjukkan beberapa perkembangan. Mereka mulai bisa melakukan banyak aktivitas, Bunda. Wah, bayi 3 bulan sudah bisa apa saja?

Lauren Crosby, M.D., F.A.A.P. mengatakan bayi 3 bulan kemungkinan besar akan dapat mengangkat kepala 90 derajat. Perkembangan ini muncul berkat semua latihan tummy time sejak baru lahir.Tonggak lain yang harus dicapai bulan ini adalah ia akan bisa tertawa terkikik dan mungkin bisa mengulurkan tangan ketika dia melihat Bunda menjangkau tubuhnya.

"Dia juga mungkin bisa berguling dan berbalik ke arah suara. Banyak bayi pada usia ini akan memperluas repertoar berbicara mereka untuk dapat merangkai vokal dan suara konsonan," tulisnya dikutip dari What to Expect.


Ide aktivitas untuk stimulasi bayi 3 bulan

Di usia 3 bulan, semua bayi suka bermain dengan mainan favorit mereka. Mereka suka mainan sensorik yang bergetar, mencicit, berkicau, atau berderak saat ditekan atau diguncang. Ada segudang aktivitas yang sebenarnya bisa Bunda lakukan bersama mereka.

Berikut ide aktivitas untuk stimulasi bayi tiga bulan, yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Tummy time

Menurut Urszula Semerda, seorang terapis okupasi berbasis di San Fransisco, AS mengatakan bahwa tummy time akan terus menjadi aktivitas sensorik penting dalam rutinitas sehari-hari bayi. Ini membantu membangun koordinasi dan memperkuat leher, bahu, lengan, dan badan bayi.

"Otot-otot tersebut juga membantu keterampilan motorik seperti berguling, merangkak, menarik diri dan duduk. Jadi teruslah berlatih aktivitas ini bersama bayi Anda yang berusia 3 bulan," kata Semerda, dikutip dari SensoryLifestyle.

manfaat tummy time untuk kesehatan bayimanfaat tummy time untuk kesehatan bayi 3 bulan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Favor_of_God

2. Bercermin

Aktivitas ini bisa sangat menarik dan sangat menyenangkan untuk ditonton. Cukup letakkan cermin anti pecah di depan bayi dan lihat reaksinya. Bayi tidak akan menyadari bahwa itu sebenarnya gambar mereka sampai lama kemudian.

Namun, itu tidak masalah karena Bunda akan dapat melihat banyak ekspresi menyenangkan pada bayi. Mereka akan senang menatap bayangan mereka sendiri atau bayangan orang lain. Mereka bahkan mungkin mencoba menggesek cermin atau memberi Bunda senyum lebar.

3. Cilukba!

Menurut Semerda, permainan ini mulai mengajari bayi tentang keabadian objek. Keabadian objek adalah pemahaman bahwa objek atau orang masih ada bahkan ketika kita tidak dapat melihatnya. Memahami konsep ini merupakan tonggak penting kognitif.

Beautiful caucasian baby laying on bed, playing with feet and smiling at camera, top view, copy space. Adorable toddler in diaper having fun alone, lying on white, laughing. Toddler, baby, infantPerkembangan bayi 3 bulan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

4. Bola olahraga

Jika Bunda punya bola olahraga atau gym ball, maka bisa melakukan kegiatan ini. Aktivitas ini menyenangkan untuk bayi yang berusia 3 bulan karena memberikan banyak gerakan yang merangsang perkembangan sistem vestibular.

Baca kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga cara agar rambut bayi tumbuh lebat seperti dijelaskan dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
PERGI KE LUAR, RAIH BENDA & MAIN BALON
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!