sign up SIGN UP search


parenting

Unik! 5 Cara Bayi Menunjukkan Cinta pada Bunda

Asri Ediyati Sabtu, 05 Sep 2020 12:48 WIB
Shot of a mother helping her baby girl standhttps://195.154.178.81/DATA/i_collage/pu/shoots/805468.jpg caption
Jakarta -

Setiap hari kemampuan bayi selalu berkembang. Banyak hal mengagumkan yang ia lakukan. Salah satunya menunjukkan cinta pada Bunda.

Hmm.. Bagaimana cara mengetahui kalau bayi bisa menunjukkan cintanya pada Bunda? Ada beberapa cara unik yang ia lakukan walau belum bisa bicara.

Menurut profesor psikologi di Lehigh University Debbie Laible, Ph.D., bayi bisa menunjukkan cinta pada Bunda melalui sebuah proses. Apa prosesnya?


"Attachment (kemelekatan) adalah sebuah proses," kata Laible, dikutip dari Parents.

Jadi, ketika Bunda merawat bayi, ia semakin mencintai Bunda setiap hari dan mengucapkan terima kasih dengan caranya sendiri.

Berikut lima cara bayi menunjukkan cinta pada Bunda:

1. Bayi mengikuti suara Bunda

Bayi mulai membalas proses ikatan dengan mengikuti ke suara yang paling mereka kenal (dan cintai). Sejak 16 minggu dalam kandungan, bayi telah mendengarkan Bunda, Ayah, saudara kandung, dan orang lain yang sering dikunjungi Bunda, bahkan hewan peliharaan keluarga.

Oleh karena itu, Michelle Ponti, seorang dokter anak di London, Ontario, mengatakan penting bagi orang tua untuk memulai proses ikatan (bonding) dengan mengobrol dan membacakan untuk bayi dalam kandungan.

Pada saat mereka lahir, bayi siap untuk mengikuti suara yang mereka kenali. "Mereka tidak dapat berbicara, tetapi mereka dapat berkomunikasi dengan menatap. Mereka bisa menggeliat dan menggerakkan kepala mereka dari satu sisi ke sisi lain," jelas Claire Watson, psikoterapis di Toronto, Kanada.

2. Bayi menatap wajah Bunda

Cara lain bayi menunjukkan cinta adalah dengan menatap wajah Bunda. Satu penelitian terbaru mengatakan bayi dapat mengingat jelas wajah serta orang dewasa hanya dalam waktu empat bulan.

"Bayi itu mengirimkan sinyal bahwa mereka ingin melekat, mereka menginginkan kenyamanan, dan mereka menginginkan respons emosional kembali," katanya, dikutip dari Todays' Parents.

Ketika Bunda membalasnya dengan kasih sayang, ini akan membangun hubungan yang baik antara Bunda dan bayi. Tatapan mata bayi membantu mereka dengan cepat belajar mempercayai Bunda, dan ingin menumbuhkan hubungan mereka dengan Bunda.

Jika orang tua atau pengasuh tidak membalas dan melihat kembali bayi dengan emosi di wajah mereka, Watson mengatakan bayi tidak mengembangkan rasa percaya bahwa kebutuhan mereka akan terpenuhi

"Bukan hanya makanan baik yang mereka butuhkan, tetapi juga hubungan emosional," kata Watson.

Young smiling woman sitting in her home and playing with her baby. Baby is lying on the floor on baby blanket. They are happy and smiling. Mother holding toy and her baby trying to reach it.Unik! 5 Cara Bayi Menunjukkan Cinta pada Bunda/ Foto: Getty Images/vgajic

3. Mereka merasa aman dekat dengan Bunda

Bayi belajar mengenali aroma spesifik orang tuanya sejak lahir. Bayi bahkan mengembangkan ikatan emosional sejak menit pertama di kehidupan. Menurut Watson, detak jantung dan gerakan unik ibu sudah tertanam di otak bayi saat lahir, membuat mereka merasa lebih aman dan terlindungi di pelukan Bunda.

Jadi, ketika bayi terasa rileks di pelukan, itu adalah caranya untuk mengatakan bahwa dia tahu dan memercayai Bunda. Semakin konsisten bayi menerima kehangatan, makanan, dan kenyamanan dari orang tua, mereka akan semakin merespons dan menunjukkan cinta.

4. Anak mengeluarkan suara pada Bunda

Meskipun suaranya mungkin tidak dapat dibedakan (hanya babbling), namun artinya jelas bahwa ia membutuhkan Bunda. Menurut Watson, ini hanyalah cara lain bayi mencoba menumbuhkan hubungannya dan menunjukkan rasa cinta pada orang tuanya. Dengan menanggapi isyaratnya, Bunda mengembangkan cara bayi untuk berkomunikasi, yang membuat bayi merasa penting dan terhubung, serta memperkuat ikatannya dengan Bunda.

5. Bayi tersenyum

Watson mengatakan bahwa bayi dengan cepat mengetahui bahwa ketika mereka tersenyum, Bunda atau Ayahnya balas tersenyum.

"Ketika Anda menanggapi senyuman seolah-olah bayi itu menginginkannya, Anda membuat harapan ini untuk bayi: Ketika saya melakukan ini, seseorang merespons. Dan itu hal yang bagus," katanya.

Seperti halnya hubungan apa pun, jika Bunda ingin bayi menunjukkan cintanya, beri tahu dia bahwa Bunda juga mencintainya.

"Bayi siap untuk jatuh cinta, tapi cinta itu diperoleh. Orang tua yang jatuh cinta dengan bayi kecil mereka memiliki bayi yang jatuh cinta pada mereka," kata Watson.

Apakah hari ini si kecil sudah menunjukkan cinta pada Bunda? Meski tak bisa bicara, perilaku mereka sudah mewakilkan ya. Apalagi kalau si kecil tersenyum, ikut meleleh hati ini.

Nah, si kecil sudah bisa melakukan yang mana saja, Bunda? Perhatikan bahasa cinta bayi untuk merespons kasih sayang mereka yuk!

Simak juga cerita Asri Welas mendidik anak intorvert:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi