sign up SIGN UP search

parenting

10 Stimulasi Perkembangan Bayi 3 Bulan, Bercermin hingga Main Cilukba

Asri Ediyati   |   Haibunda Senin, 26 Sep 2022 18:31 WIB
PERGI KE LUAR, RAIH BENDA & MAIN BALON
Cute little baby boy, relaxing in bed after bath, smiling happily, daytime caption

5. Pergi ke luar rumah

Pergi keluar untuk berjalan-jalan sangat bagus dan sangat bermanfaat bagi Bunda dan bayi. Bunda juga bisa membawanya ke taman dan meletakkannya di atas tikar. Bunda bisa membaringkannya di perut atau punggungnya. Sambil berbaring tengkurap mereka bisa merasakan rumput dengan tangan mereka dan dihibur oleh Bunda atau Ayah.

Saat mereka berbaring telentang atau sedang digendong, Bunda dapat berbicara dengan mereka tentang pepohonan, burung, langit, dan matahari. Mungkin tentang hewan seperti anjing, kucing. Menurut Semerda, ini cara yang bagus untuk mengeksplorasi indera bayi, menjalin ikatan dengan bayi, dan bekerja membangun fondasi bahasa.

6. Meraih objek di depan mereka

Dilansir Teaching Littles, bayi usia 3 bulan dapat menggunakan kedua tangannya bersama-sama untuk membawanya ke tengah tubuhnya. Aktivitas ini membantu mereka melihat objek lebih baik dengan meletakkannya di depan wajah mereka.


Baringkan mereka dan beri mereka mainan untuk dipegang. Pastikan mereka mencoba menggunakan kedua tangan pada mainan dan memegangnya tepat di depan wajah mereka (bukan ke samping).

7. Balon dan kerincingan kaki

Bayi pada usia ini sekarang mulai belajar tentang sebab-akibat. Artinya, salah satu tindakan akan menyebabkan sesuatu yang lain terjadi. Salah satunya dengan balon atau kerincingan kaki.

Coba ikat balon ke pergelangan tangan atau pergelangan kaki mereka atau berikan kerincingan tangan/kaki pada mereka. Pada awalnya, mereka akan melihat mereka bergerak atau membuat suara secara tidak sengaja. Namun, saat mereka terus bergerak, mereka akan menyadari bahwa mereka sebenarnya yang membuat suara itu sendiri.

Baca kelanjutannya di halaman berikutnya ya, Bunda.

fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
BACA BUKU, ULANGI CELOTEH BAYI & PIJAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!