sign up SIGN UP search

parenting

102 Obat yang Ditemukan Dikonsumsi Pasien Gagal Ginjal Akut, Dilarang Edar Sementara

Amira Salsabila   |   Haibunda Jumat, 21 Oct 2022 21:20 WIB
Woman hand pouring medication or antipyretic syrup from bottle to spoon. healthcare, people and medicine concept. caption
Jakarta -

Kasus gagal ginjal akut pada anak terus bertambah. Setelah sebelumnya diduga paracetamol sirop yang menjadi penyebabnya, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, mengumumkan daftar penemuan obat-obatan yang dikonsumsi anak-anak sebelum didiagnosa alami gagal ginjal akut misterius.

Melalui press conference, Menkes Budi Gunadi Sadikin mengungkap bahwa dari beberapa rumah pasien gagal ginjal akut pada anak yang ditinjau, telah ditemukan ratusan obat sirop pada anak.

Dengan adanya peninjauan tersebut, pemerintah mengambil langkah untuk mengamankan ratusan obat tersebut dan menganjurkan kepada orang tua untuk tetap waspada pada perkembangan kesehatan anak-anak.


Ditemukan 102 obat yang dikonsumsi pasien gagal ginjal akut pada anak

Kemenkes mengatakan bahwa telah melakukan penelitian ke 241 rumah anak-anak pasien gagal ginjal akut, dari 156 rumah tersebut telah ditemukan ratusan obat sirop yang telah dikonsumsi oleh pasien gangguan gagal ginjal akut pada anak.

“Kita sudah melakukan lebih jauh lagi, kita ke semua rumah tersebut, dari 241 rumah, 156 itu kita menemukan 102 obat yang ada di lemari keluarga ini. Jenisnya sirop,” ungkap Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan dalam acara Press Conference Perkembangan Gangguan Ginjal Akut di Indonesia, Jumat (21/10/2022).

Selanjutnya, Kemenkes juga sudah mengumpulkan ratusan obat tersebut untuk dilakukan penelitian lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan apakah penyebab gangguan ginjal akut pada anak benar disebabkan oleh senyawa dalam obat sirop atau tidak.

“Bersama dengan BPOM, pemerintah sudah bekerja sama, kita sudah datang ke setiap rumah dan mengambil bungkus obatnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kemenkes juga menyarankan kepada rumah sakit dan apoteker di seluruh Indonesia untuk tidak menjual atau membuat resep dari obat-obat tersebut.

“Obat inilah yang nanti kita akan dikerucutkan. Nah, obat-obat ini akan kita larangan untuk diresepkan dan dijual. Kita ambil langkah ini untuk memproteksi balita kita dan orang tua kita,” ujar Budi.

Lebih lanjutnya, pemerintah berharap dengan ditemukannya ratusan obat ini juga bisa memberikan informasi kepada orang tua bagaimana cara melindungi anak-anak mereka dari gangguan ginjal akut ini.

“Dengan demikian kita harapkan progressnya akan jauh lebih baik, agar bisa memberi tahu ibu-ibu cara melindungi anak mereka seperti apa. Di sisi lain juga dapat memberikan kepastian kepada industri farmasi bahwa obat-obat ini untuk sementara berpotensi membahayakan balita kita,” jelasnya.

Lalu, apa saja daftar obat sirop yang perlu Bunda waspadai menyebabkan gangguan ginjal akut pada anak? Simak halaman selanjutnya.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tanda-tanda anak mengalami gangguan ginjal akut yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

DAFTAR 102 OBAT SIROP PASIEN GANGGUAN GAGAL GINJAL AKUT PADA ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!