sign up SIGN UP search

parenting

6 Doa untuk Ayah Tercinta di Hari Ayah, Ajarkan pada Si Kecil Bun

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 16 Nov 2022 13:10 WIB
Muslim family worship during ramadhan caption
Jakarta -

Sama seperti Bunda, Ayah juga memiliki peran penting dalam membesarkan anak-anak dan membangun keluarga. Karena itu Bunda dan Si Kecil juga harus mendoakan Ayah, ya.

Ayah merupakan sosok yang bisa menjadi contoh anak untuk belajar bersosialisasi hingga menjadi pasangan ketika mereka dewasa. Peran Ayah pun sangat penting dalam pengasuhan sejak mereka dalam usia dini.

Tak hanya Bunda, Ayah juga perlu memberikan kasih sayang, pujian, dukungan, dan cinta agar anak merasa percaya diri dan nyaman.


Doa untuk ayah tercinta

Masih dalam rangka Hari Ayah Nasional, ada baiknya memberikan doa terbaik untuk Ayah tercinta, Bunda. Berikut ini beberapa doa untuk Ayah yang bisa Bunda ajarkan pada Si Kecil:

1. Surat Nuh ayat 28

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَنْ دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَّلِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنٰتِۗ وَلَا تَزِدِ الظّٰلِمِيْنَ اِلَّا تَبَارًا

Bahasa Latin:

Rabbigfir lī wa liwālidayya wa liman dakhala baitiya mu`minaw wa lil-mu`minīna wal-mu`mināt, wa lā tazidiẓ-ẓālimīna illā tabārā

Artinya:

"Ya Tuhanku, ampunilah aku, ibu bapakku, dan siapa pun yang memasuki rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kehancuran.""

2. Surat Al-Isra ayat 24

وَٱخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ ٱلذُّلِّ مِنَ ٱلرَّحْمَةِ وَقُل رَّبِّ ٱرْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيرًا

Bahasa Latin:

Wakhfiḍ lahumā janāḥaż-żulli minar-raḥmati wa qur rabbir-ḥam-humā kamā rabbayānī ṣagīrā

Artinya:

"Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil."

3. Surat Ibrahim ayat 41

رَبَّنَا اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ يَقُوْمُ الْحِسَابُ

Bahasa Latin:

Rabbanagfir lī wa liwālidayya wa lil-mu`minīna yauma yaqụmul-ḥisāb.

Artinya:

"Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)."

4. Doa untuk ayah yang sedang sakit

Merangkum dari buku Sayangi Ibumu: Agar Hidupmu Berkah dan Selalu Beruntung karya Ahfa Waid, berikut ini doa untuk ayah yang sedang sakit, lengkap dengan bacaan latin dan artinya.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبْ الْبَاسَ اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Bacaan Latin:

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba'sa isyfihi wa antas syafi laa syifaa'a illa syifaauka syifaa'an laa yughadiru saqaman.

Artinya:

"Ya Allah, Tuhan seluruh manusia, hilangkanlah sakit ini, sembuhkanlah, Engkaulah As-Syafi (Sang Penyembuh), tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit."

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat doa lainnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

[Gambas:Video Haibunda]





DOA UNTUK AYAH DI HARI AYAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!