sign up SIGN UP search


parenting

3 Dampak Negatif Anak Kurang Beraktivitas, Konsentrasi Menurun Salah Satunya

Mutiara Putri   |   Haibunda Selasa, 15 Nov 2022 19:00 WIB
Asian mother and son Playing Soccer In Park Together caption
Jakarta -

Kebugaran jasmani merupakan salah satu hal penting, terutama pada perkembangan anak-anak, Bunda. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri menjelaskan setidaknya anak-anak perlu melakukan aktivitas dengan intensitas tinggi selama 60 menit setiap harinya.

Indonesia sendiri masih memiliki nilai yang buruk dalam segi kebugaran jasmani anak-anak. Hal ini diungkapkan langsung oleh Dr. Agus Mahendra selaku Country Leader Active Healthy Kids Indonesia sekaligus Dosen di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Agus menjelaskan kebugaran jasmani anak-anak di Indonesia diberikan nilai F oleh dunia. Hal ini membuat Agus berharap agar program-program pemerintah terkait kebugaran jasmani untuk anak turut dibantu oleh seluruh pihak.


"Jadi untuk 24 hours movement behavior, nilainya F, jadi yang terendah. F itu merespon di under 20 persen dari jumlah populasi (di Indonesia)," katanya dalam acara Konferensi Pers Peluncuran Program Build Our Kids Success (BOKS) Sun Life & Wahana Visi Indonesia, Senin (14/11/2022).

Aktivitas yang dilakukan oleh anak setiap harinya akan menjadi penentunya di masa depan, Bunda. Ketika anak kurang melakukan aktivitas, anak akan mendapatkan berbagai macam dampak negatif.

Dampak negatif anak kurang beraktivitas

Dalam kesempatan yang sama, Agus turut menjelaskan dampak negatif yang bisa terjadi pada anak jika kurang beraktivitas. Berikut ini deretannya:

1. Pertumbuhan anak terganggu

Ketika anak-anak tidak beraktivitas dengan baik, pertumbuhannya akan terganggu. Hal ini lantaran fisik anak turut dipengaruhi oleh aktivitas jasmani.

"Kalau anak-anak kita tidak terpenuhi baik waktu atau durasi melakukan aktivitas jasmani dan intensitasnya kurang, maka yang disebut pertumbuhan optimal anak akan terganggu," papar Dr. Agus.

"Karena dari fisik tidak terbantu dengan adanya aktivitas jasmani. Kita sudah mengetahui secara teoritis pertumbuhan anak secara fisik kan dibantu," sambungnya.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat dampak negatif lainnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tips olahraga untuk balita menurut dokter berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



DAMPAK NEGATIF ANAK KURANG BERAKTIVITAS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!