sign up SIGN UP search


parenting

3 Hal yang Perlu Diperhatikan Tentang Aktivitas Bermain Anak, Bunda Perlu Tahu

ANNISAAFANI   |   Haibunda Senin, 14 Nov 2022 20:00 WIB
Ilustrasi anak bermain alat musik pukul Xylophone caption
Jakarta -

Sebagian besar aktivitas anak-anak dalam sehari-harinya adalah bermain. Tak hanya soal kesenangan, dari kegiatan ini mereka juga dapat mempelajari berbagai hal baru, Bunda.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Marcelina Melisa, M.Psi. psikolog anak dan keluarga ini menambahkan bahwa proses belajar sambil bermain ini akan semakin baik jika ditunjang dengan mainan yang sesuai untuk perkembangnnya.

"Bermain merupakan cara efektif bagi anak-anak untuk belajar banyak hal baru, apalagi ditunjang dengan kehadiran permainan anak yang sesuai dengan usianya dan dibutuhkan oleh tahapan perkembangan dirinya," ujarnya di sesi sharing dalam Enjoy the Play In This Season of Wonder bersama Early Learning Centre, baru-baru ini.

Bicara soal bermain, sebagai orang tua, kita juga perlu untuk selalu mendampingi anak lho, Bunda. Jangan lupa, meluangkan waktu berkualitas bersama anak memiliki banyak manfaat, salah satunya terkait bonding.


"Pentingnya bagi orang tua membangun waktu yang berkualitas dengan anak. Waktu yang berkualitas saat digunakan bersama anak, dapat menghasilkan ikatan atau bonding lebih erat meskipun ini sudah kita bangun sejak anak lahir," ungkap Psikolog Marcelina Melisa.

Dalam kesempatan yang sama, Evryanti Putri selaku psikolog klinis juga angkat suara soal bermain dengan anak. Menurutnya, ada perbedaan dari aktivitas bermain bersama Ayah dan Bunda.

"Main sama ayah atau ibu mungkin berbeda. Tapi yang kita lihat adalah permainannya. Sama ayah biasanya yang aktif bergerak seperti bersepeda, kalau sama ibu mungkin sebaliknya seperti masak-masak. Artinya akan lebih banyak referensi untuk anak bermain," kata Evry.

"Jadi antara ayah dan ibu bisa saling bekerja sama untuk penuhi beragam aspek yang dibutuhkan dalam perkembangan anak lewat bermain," sambungnya.

Baca kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Simak juga 5 hal sederhana yang bisa Bunda lakukan untuk optimalkan golden age Si Kecil dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

fase-anak
Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right
3 HAL YANG PERLU ORTU PERHATIKAN DALAM AKTIVITAS BERMAIN ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!