sign up SIGN UP search


parenting

Kisah WNI Besarkan Anak di Jepang, Dapat Gratis Daycare Selama 4 Bulan

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 16 Nov 2022 16:26 WIB
Kisah WNI Ceritakan Pengalaman di Jepang caption
Jakarta -

Ada begitu banyak kisah yang bisa diceritakan oleh para diaspora, Bunda. Salah satunya adalah WNI yang tinggal di Jepang, Delin Nofifta.

Delin bersama sang suami memutuskan untuk tinggal ke Jepang dan melanjutkan pendidikan. Pada laman Instagram-nya, Delin kerap membagikan kisahnya.

Salah satu hal menarik yang paling bikin para Bunda penasaran adalah bagaimana prosedur melahirkan serta mengurus akta kelahiran di Jepang. Melihat hal ini, Delin pun menjawabnya.


Delin membuat sebuah video reels yang berisikan plus minus melahirkan dan mengurus surat-surat di Jepang. Sebelumnya, HaiBunda sudah mendapatkan izin untuk mengutip kisahnya.

"Yang orang lihat (lahiran di Jepang) pasti repot gak ada yang bisa bantu urus, Shireen (anak Delin) nanti bagaimana ngurusnya, pasti susah karena kendala bahasa sama dokter dan perawat," tulis Delin dikutip dari akun @delinnofifta, Selasa (15/11/2022).

Pada kenyataannya, Delin bisa mengurus sang anak berdua dengan suami. Tak hanya itu, Delin juga mengungkap ada alat bantu untuk menerjemahkan Bahasa Jepang bagi dokter dan perawat yang tidak bisa berbahasa Inggris.

"Realitanya ternyata bisa urus baby sendiri, kerja sama dengan suami. Ada alat bantu untuk terjemahin Bahasa Jepang bagi dokter dan perawat yang gak bisa (bahasa) English," tuturnya.

"Shireen dapat jatah daycare gratis 4 bulan dari pemerintah Jepang. Daycare dari jam 9 pagi sampai 17.30 sore (biar aku fokus urus bayi)," sambungnya.

Meski begitu, banyak netizen yang mengira bahwa melahirkan di Jepang tidak mengeluarkan biaya apapun dan anak bisa mendapatkan akta lahir luar negeri. Pada kenyataannya, semua membutuhkan biaya, Bunda.

"Biaya lahiran tergantung RS di setiap perfektur. Akta lahir anak harus di-translate ke Bahasa Indonesia oleh penerjemah tersumpah," ucap Delin.

"Biaya translate minimal Rp300 ribu per lembar. Ngurus dokumen ini itu yang super ribet lagi nyampe Indonesia," tambahnya.

Selain membagikan kisah tentang proses melahirkan dan pembuatan akta, Delin juga sempat membagikan kisah ketika sang suami melaksanakan wisuda, Bunda. Ternyata prosesnya sangat berbeda dengan wisuda di Indonesia, lho.

Simak kisah lengkapnya di laman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa intip juga video gaya parenting orang tua di Jepang berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PROSES WISUDA DI JEPANG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!