sign up SIGN UP search

parenting

60 Ucapan Hari Guru Nasional 2022 Menyentuh Hati, Islami & Bahasa Inggris

Hasna Fadhilah   |   Haibunda Kamis, 24 Nov 2022 04:00 WIB
Ide kenang-kenangan untuk guru 60 Ucapan Hari Guru Nasional 2022 / Foto: iStockphoto

Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November. Momen hari guru 2022 bisa Bunda manfaatkan agar Si Kecil dapat belajar mengungkapkan ucapan terima kasih, baik secara islami, dalam bahasa inggris, puisi hingga doa menyentuh hati kepada wali kelas atau guru di sekolahnya.

Guru merupakan orang yang sangat berjasa dalam kehidupan karena berperan penting dalam mencerdaskan anak bangsa. Sebagai orang tua, Bunda pasti merasakan betul kehadiran para guru dalam membantu dan membimbing Si Kecil saat berada di sekolah. 

Untuk menghargai jasa dan pengabdian para guru selama ini dalam rangka mencerdaskan anak-anak Indonesia, lantas ditetapkanlah peringatan Hari Guru Nasional. Biasanya para siswa akan memperingatinya dengan berbagai hal, seperti menuliskan ucapan selamat, memberikan hadiah, atau menggelar acara di sekolah. 


Berikut kumpulan ucapan selamat Hari Guru Nasional 2022 yang dapat dijadikan contoh apabila Si Kecil hendak memberikan sepucuk surat atau ungkapan terima kasih kepada guru mereka. 

Kapan Hari Guru Nasional 2022? Sejarah, logo hari guru nasional 2022

Hari Guru Nasional (HGN) diperingati pada tanggal 25 November setiap tahunnya. Pada tahun 2022, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengusung tema “Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar”. 

Logo peringatan Hari Guru Nasional tahun 2022 dapat diunduh di laman www.kemdikbud.go.id.

Sejarah Hari Guru

Sejarah peringatan Hari Guru Nasional tidak lepas dari awal mula terbentuknya Ikan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). 

Hari Guru bermula dari zaman pendudukan Jepang, segala bentuk organisasi yang berkaitan dengan pendidikan dilarang, bahkan sekolah pun ditutup. Oleh karena itu, Persatuan Guru Indonesia (PGI) tidak dapat lagi melakukan aktivitas mengajar mereka.

Namun, karena pendudukan Jepang tidak berlangsung lama dan Indonesia kemudian menjadi negara yang merdeka. Kemerdekaan tersebut kemudian menjadi modal utama dalam perjuangan dan jati diri guru di Indonesia. 

Tak lama kemudian, para guru kemudian menggelar Kongres Pendidik Bangsa di Sekolah Guru Puteri Surakarta. Kongres tersebut dipimpin oleh para tokoh pendidikan, seperti Amin Singgih dan Rh Koesnan. Kongres berlangsung selama 2 hari dari tanggal 24-25 November 1945. 

Dari kongres tersebut, lahirkan organisasi baru bernama Persatuan Guru Republik Indonesia. Maka sejak saat itulah, lahirlah sebuah organisasi yang menjadi wadah perjuangan para guru setelah negara Indonesia merdeka. 

Kongres PGRI pertama tersebut kemudian melahirkan 3 rumusan atau tujuan mulia PGRI, yaitu:

  1. Mempertahankan dan menyempurnakan Republik Indonesia 
  2. Mempertinggi tingkat pendidikan dan pengajaran dengan dasar kerakyatan
  3. Membela hak dan nasib buruh pada umumnya serta hak dan nasib guru khususnya. 

Setelah itu, Pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 menetapkan hari lahir PGRI pada tanggal 25 November ditandai sebagai peringatan Hari Guru Nasional Indonesia hingga saat ini. Itulah cikal bakal lahirnya Hari Guru Nasional di Indonesia.

Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional, tidak lengkap rasanya jika tidak memberikan ucapan selamat atau apresiasi untuk menghargai jasa dan pengabdian para guru.

Berikut Haibunda telah merangkum kumpulan ucapan selamat Hari Guru Nasional 2022 dalam bentuk kata-kata, puisi, pesan dalam bahasa Inggris yang bisa dijadikan referensi.

Ucapan selamat Hari Guru Nasional 2022 Islami

Kumpulan ucapan Hari Guru Nasional 2022 Islami:

  1. Ilmu yang kau sampaikan semoga bermanfaat, sehingga kelak menjadi syafaat bagi hidupmu di akhirat.
  2. Tidak terhitung berapa banyak jasamu, yang aku tahu Allah titipkan hidayah itu lewat jalanmu, guru. Semoga engkau sehat dan berkah selalu.
  3. Guru yang hakiki adalah guru yang mengamalkan apa yang ia katakan pada muridnya. Dan, aku menemukan sosoknya padamu, Guruku.
  4. Guruku, siang malam kau mendidik kami dengan sabar dan semangat. Mencetak generasi santri yang tauladan. Terima kasih dari kami, para santri.
  5. "Yang paling hebat dari seorang guru adalah mendidik dan rekreasi yang paling indah adalah mengajar. Ketika melihat murid-murid yang menjengkelkan dan melelahkan, terkadang hati teruji kesabarannya. Namun hadirkanlah gambaran bahwa di antara satu dari mereka kelak akan menarik tangan kita menuju surga" - KH. Maimun Zubair.
  6. Karena guru, aku bisa belajar agama Islam dan mengetahui segenap jalan menuju surga. Terima kasih kuucapkan kepada guru untuk segalanya.
  7. Jika guru adalah bulan, maka dialah bulan yang mengusir segenap kelam seraya menyinari jalan yang dilewati oleh anak-anak saat pulang mengaji.
  8. Allah titipkan ilmu melalui kebaikan dirimu, lalu engkau curahkan ilmu itu kepadaku. Semoga kebaikan akan terus mengalir dan mengantarkanmu ke surga yang dirindu.
  9. Terima kasih guru atas jasa-jasamu. Semoga Allah melapangkan hati dan mengajar dalam penuh keikhlasan.
  10. Terima kasih guru, karena engkau aku belajar mengenal Islam. Karena engkau, aku belajar mengaji Al-Qur'an. Sungguh jasamu tidak terhitung jumlahnya.
  11. Semoga Allah membalas jasamu, memberkahi umurmu, memberkahi waktumu, menambah ilmumu, menjaga keluargamu, memperbagus dunia, akhirat, dan amalmu.
  12. Karena kebaikan dan jasamu, aku bisa membaca, berhitung, belajar agama islam dan mengetahui jalan menuju surga. Terima kasih guru.

Ucapan Hari Guru dalam bahasa Inggris

Kumpulan ucapan Hari Guru Nasional 2022 dalam bahasa Inggris:

  1. We’ve never seen your cape or mask, but we see your superpowers every day! Thanks for being a super teacher!
  2. The world needs s’more great teachers like you! You’ve made this school year a whole lot sweeter, thank you!
  3. You’ve encouraged us to grow as students, and you’ve remembered we are growing people, too, delivering your instruction with love and warmth and caring. Thank you, Miss/Sir!
  4. From your teaching in our classroom to all the papers you correct. You’ve given every effort, and you’ve earned my deep respect. Thank you for a great year, Miss/Sir!
  5. You inspired me to begin this new chapter in my life. I couldn't have done it without you.
  6. Your positivity and encouragement brightened my days.
  7. I'll always remember attending your class. You are the best teacher!
  8. "The mediocre teacher tells. The good teacher explains. The superior teacher demonstrates. The great teacher inspires." - William Arthur War.
  9. "Education is the key to success in life, and teachers make a lasting impact in the lives of their students." – Solomon Ortiz. 
  10. "Everyone who remembers his own education remembers teachers, not methods and techniques. The teacher is the heart of the educational system." –Sidney Hook. 
  11. Thank you for being the best teacher in the world. You inspired in me a love for learning and made me feel like I could ask you anything.
  12. You've helped me grow into the person I am. You are the best teacher, thank you!

Kata-kata ucapan singkat selamat Hari Guru 2022 

Kumpulan ucapan hari guru singkat dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 2022:

  1. Guru terbaik mengajar dari hati bukan dari buku. Anda adalah guru yang luar biasa. Selamat Hari Guru Nasional!
  2. Wahai guru tanpa lelah engkau membimbing anak muridmu. Terimakasih atas jasamu yang tak terhingga. Selamat Hari Guru Nasional!
  3. Terima kasih karena engkau telah memberikan ilmu yang bermanfaat dan menjadi bekal dalam hidup. Selamat Hari Guru Nasional!
  4. Hidup tak akan berguna tanpa tahu bentuk huruf, angka, dan ilmu, selamat Hari Guru Nasional.
  5. Selamat Hari Guru Nasional! Kami berterima kasih kepadamu wahai guru, hari ini dan setiap hari.
  6. Untuk guru terhebat di dunia, Selamat Hari Guru! Terima kasih untuk semuanya.
  7. Engkau bagaikan lilin yang selalu menerangi setiap kegelapan, semoga setiap peluh lelahmu melahirkan generasi tangguh dan berjiwa negarawan. Selamat Hari Guru.
  8. Pendidikan adalah kunci kemajuan bangsa, dan guru adalah pejuang-pejuangnya. Selamat Hari Guru!
  9. Terima kasih telah menerangkan, menuntun, dan menunjukan jalannya. Selamat Hari Guru!
  10. Tak ada pemberi yang lebih setia, tiap akar ilmu yang dipunyai. Pelita maupun lampu segala bagi manusia sebelum menjadi damar. Selamat Hari Guru.
  11. Selamat Hari Guru 2022! Terima kasih atas jasamu dan semua yang ilmu yang kamu berikan.
  12. Terima kasih telah menjadi cahaya ilmu yang menerangi kegelapan.

Puisi Hari Guru Nasional 2022 sebagai ucapan yang menyentuh hati dan berkesan

Kumpulan puisi Hari Guru Nasional 2022 sebagai ucapan yang menyentuh hati dan berkesan:

1. Dialah guruku

Guru yang memberi setitik ilmu 

Tak putus asa walau peluh terus mengucur 

Tidaklah untuk dirinya seorang 

Tapi untuk generasi penerus bangsa 

(Nur Afiani)

2. Sebatang Kapur

Deretan deretan bangku tanpa kedua kaki tetap berdiri meski tidak mampu berdiri tegak

Suara lantang terus kau keluarkan sampai mengusir tikus tikus kemalasan di otak kami

Tanpa mengenal lelah kau terus mendidik kami

Meski keringat bercucuran dan gaji tak seberapa dibandingkan gaji para aparatur aparatur negara yang tidak adil 

Guru,

Nama yang akan selalu dikenang sepanjang masa

Dengan kelincahan menarikan sebatang kapur di atas papan tulis yang mulai mengantuk

Dan terus mendidik hingga kami mendapatkan arti pentingnya kehidupan

Jasa guru tidak ternilai harganya. Guru ibarat lilin yang membakar diri sendiri untuk menerangi sekitarnya. Terima kasih kami ucapkan karena telah mendidik kami dengan sabar!

Orang hebat bisa melahirkan beberapa karya bermutu, tetapi guru yang bermutu dapat melahirkan ribuan orang-orang hebat. 

(Iroh Rohmawati)

3. Selamat hari guru

Tanpa Guru 

Takkan ada yang kita tahu 

Tanpa guru, takkan ada yang kita mampu 

Tanpa guru kita hanyalah debu 

yang terbang tak berarah tersapu angin 

tak tentu arah 

Guru, 

Ucapanmu adalah petunjuk kami 

Tindakanmu adalah teladan kami 

Ridhomu adalah kunci sukses kami 

Doamu adalah berkah tak bertepi 

Jika ada yang bertanya pada kami 

Siapa yang paling berjasa pada diri ini

Maka namamu yang kan kusebut pertama kali 

Karena ibu dan ayah adalah guru utama kami 

(Lukman Hakim Saifuddin)

5. Aku selalu bermimpi

matahari telah melahirkan para guru 

dan guru melahirkan banyak matahari 

hingga matahari tak lagi sendiri

matahari tak pernah sendiri, guru

ia selalu ada bersamamu

hangatkan cinta yang tumbuh 

dan menyidari cakrawala kecilku

selalu 

(Abdurahman Faiz)

5. Guru tidak pernah menakar keringat kepayahan

Guru selalu mementingkan perasaan anak-anak didiknya 

Guru tidak akan menangis di hadapan muridnya 

Guru tidak akan membiarkan anaknya berselisih 

(Aisyah Asafid Abdullah)

6. Sang pejuang

Setiap pagi kau susuri

Jalanan yang berdebu

Di bawah cahaya mentari pagi

Kau bersiap membagi ilmu

 

Engkaulah pejuang sejati

Mencetak penerus bangsa

Doa kami tiada henti

Untukmu wahai Guru Tercinta. 

7. Oh Guru

Beribu-ribu sarjana kau cetak

Beribu-ribu pengusaha kau buat

Beribu-ribu pejabat kau angkat

Jika  hari ini ada anak yang cerdas

Maka bermula dari dirimu

 

Jika hari ini ada presiden

Maka dia pun belajar kepadamu

 

Engkau adalah pahlawan

Yang namanya jarang diperdengarkan

 

Riuh orang mencari dunia

Melupakan gurunya yang tercinta. 

 

Hari ini aku berkata

Terima kasih aku ucapkan

Untuk segala Pengabdian

Untuk segala perjuangan

Untuk segala kesulitan

 

Mungkin Jasamu dilupakan

Karyamu disia-siakan

Namun kami tak bisa lepas

Perjuanganmu terukir di setiap sisi kehidupan kami.

8. Guru Tercinta

Indahnya

Betapa indahnya sebuah kenangan

Bersama guru di sekolah

Canda tawa selalu membayang

Memagut jiwaku menuju rindu

 

Ku kenang lagi Teduh suaramu

Sejuknya nasehat darimu

Perhatian yang kau berikan

Hari-harimu yang penuh kesabaran. 

 

Lama sudah tak berjumpa

Dengan dirimu wahai Guruku

Air mata menetes tak terasa

Betapa indahnya kenangan bersamamu. 

9. Insan Mulia 

Guru…. 

Adalah insan yang mulia

Mengorbankan hidupnya untuk bangsa

Walau terkadang nasibnya tak diperhatikan. 

 

Guru…

Adalah insan yang membimbing

Mengisi Ilmu di ruang jiwa

Cahaya di kegelapan

Menemani putra-putri ke masa depan. 

10. Guruku

Kepadamu aku berterima kasih

Atas segala yang kau beri

Dari ilmu hingga budi pekerti

Menjadikan diriku seperti ini

 

Tanpamu Siapalah diriku

Hanya manusia tanpa ilmu

Terlunta-lunta dalam kegelapan

Hidup sengsara tanpa pengetahuan.

11. Cahaya hidup

Terima kasih telah menjadi cahaya hidup

Menyinari kegelapan dalam hidup ini

Kami harap cahaya indah akan selalu ada di hidupmu

Cahaya yang akan menemani tiap langkah baikmu

12. Guruku hebat

Guruku sangat hebat

Bagaimana tidak hebat

Tiap hari menopang martabat

Walau dunia kadang tak bersahabat 

Namun guru tetap kuat

Kata-kata penuh doa untuk ucapan selamat Hari Guru 2022

Kumpulan ucapan dan doa untuk Hari Guru 2022:

  1. Semoga Allah SWT memberi berkah kepada bapak/ibu guru. Dan semoga ilmu yang bapak/ibu guru ajarkan menjadi butir-butir pahala yang selalu mengalir deras tiada keringnya. 
  2. Jika ilmu itu adalah mutiara yang mahal, lalu dengan apa harus ku bayar jasamu guru? Aku hanya bisa berdoa dan berharap yang terbaik untukmu. 
  3. Jasamu bagaikan intan permata. Sangat mahal dan berharga. Hanya Allah SWT yang mampu membalasnya. Guruku, Surga menantimu.
  4. Dalam setiap doa ku panjatkan, semoga guru-guru ku diberi kesehatan dan hidup yang bahagia sebagai balasan jasanya memberi ilmu pada kami.
  5. Mendapatkan keridhaan Allah adalah tujuan utamamu. Guruku, semoga Allah senantiasa meridhai setiap langkahmu.
  6. Orang tua kami memberikan kami hidup, dan engkau mengajari kami cara menjalaninya. Jasamu akan selalu kekal abadi.
  7. Wahai para guru, upaya dan kerja keras yang Anda investasikan untuk menghasilkan yang terbaik dalam diri kami tidak akan pernah terbayar dengan kata-kata. Kami hanya bisa merasa bersyukur memiliki guru seperti kalian, Selamat Hari Guru Nasional.
  8. Selamat Hari Guru, Anda adalah percikan, inspirasi, buku panduan, lilin dalam hidup saya. Saya sangat bersyukur bahwa Anda adalah guru saya.
  9. Selamat Hari Guru Nasional! Kata-kata, sikap, dan tindakan Anda telah membuat perbedaan positif dalam pengasuhan anak-anak kita! Kami benar-benar berterima kasih kepada Anda para guru.
  10. Guru adalah ujung tombak generasi tunas bangsa, gurulah yang pertama mengukir akan dijadikan apa generasi muda ini. Selamat Hari Guru Nasional!
  11. Semoga Allah membalas jasamu, selalu menemani langkah baikmu. Terima kasih Guruku, Surga menantimu.
  12. Jasamu sangat berharga. Hanya Allah SWT yang mampu membalas kebaikanmu. Terima kasih guruku.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga tips membesarkan generasi Alpha dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!