sign up SIGN UP search

parenting

3 Hal yang Pantang Dilakukan saat Anak Keracunan Chiki Ngebul, Bunda Perlu Tahu

Mutiara Putri   |   Haibunda Minggu, 15 Jan 2023 13:10 WIB
Ilustrasi Chikbul caption
Jakarta -

Chiki ngebul tengah menjadi perbincangan di media sosial, Bunda. Bukan tanpa alasan, sekitar 28 anak diduga mengalami keracunan karena jajanan yang mengandung nitrogen cair ini.

Kasus ini tersebar di dua wilayah di Jawa Barat. 24 anak berasal dari Tasikmalaya dan 4 anak lainnya dari Bekasi.

Salah satu balita berinisial A pun didiagnosa mengalami kebocoran lambung seluas 2 cm. Ia pun perlu menjalani operasi, Bunda.


Chiki ngebul sendiri adalah jajanan yang mengandung nitrogen cair dan mengeluarkan asap serta sensasi dingin, Bunda. Chiki ini bisa didapatkan di berbagai tempat mulai dari taman bermain hingga pasar.

Hal yang harus dihindari ketika anak keracunan chiki ngebul

Chiki ngebul memperlihatkan sejumlah masalah kesehatan, Bunda. Misalnya saja melepuh atau luka bakar pada kulit hingga gejala keracunan.

Ketika anak mengalami keracunan chiki ngebul, Bunda pasti berinisiatif untuk memberikan pertolongan pertama. Ketika keracunan, biasanya anak akan diberikan susu.

Sayangnya, memberikan susu pada anak yang keracunan chiki ngebul justru akan memperparah keadaan. Susu akan menyebabkan tekanan pada lambung yang semakin membahayakan lambung.

"Tidak ada manfaat apapun jika diberi susu. Justru lambung akan tertekan dan perut anak akan bengkak begah," kata dokter spesialis anak RS Hermina Jatinegara, Angga Wirahmadi, dikutip CNN Indonesia.

Daripada susu, Bunda bisa memberikan air putih pada anak. Air putih akan sedikit menetralisir rasa mual meski tak terlalu banyak.

Ketika anak mengalami keracunan chiki ngebul, ada pertolongan pertama yang bisa dilakukan sebelum Si Kecil dibawa ke rumah sakit atau pelayanan kesehatan terdekat. Hal ini diungkapkan oleh .

"Sangat penting melakukan pertolongan pertama, terutama sebelum paramedis datang," kata Angga.

Pertolongan pertama masalah chiki ngebul

Ada beberapa pertolongan pertama yang bisa Bunda lakukan saat anak mengalami masalah akibat chiki ngebul. Berikut ini deretannya:

1. Rendam air hangat

Jika nitrogen cair terkena kulit, segera rendam dengan air hangat ya, Bunda. Hal ini perlu dilakukan agar kulit tidak terbakar atau melepuh akibat nitrogen cair yang terlalu dingin.

Lantas apa lagi pertolongan pertama lainnya? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa intip lagi video penyebab munculnya gigi gingsulĀ pada anak berikut ini:

(mua)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!