sign up SIGN UP search

parenting

Kisah Orang Tua yang Anaknya Jadi Korban Ciki Ngebul, Begini Gejala Awalnya

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 18 Jan 2023 17:10 WIB
A view of an employee preparing a cup of dragon's breath cereal dessert at a food stand. Ilustrasi Ciki Ngebul/Foto: Getty Images/iStockphoto/Photography By Tonelson
Jakarta -

Belum lama ini jajanan ciki ngebul atau cikbul menarik perhatian masyarakat Indonesia, Bunda. Bukan tanpa alasan, makanan yang mengeluarkan sensasi berasap ini menyebabkan 28 anak mengalami keracunan.

Ciki ngebul sendiri merupakan jajanan yang diberikan nitrogen cair sehingga mengeluarkan asap. Jajanan ini biasanya dapat dijumpai di berbagai tempat mulai dari taman hiburan hingga pasar.

Salah seorang anak yang mengalami keracunan adalah Irsyad, Bunda. Belum lama ini, Irsyad dan keluarga menceritakan awal mula dirinya mengalami keracunan ciki ngebul.


Menelan nitrogen cair

Ketika diundang dalam acara FYP Trans 7, Ayah Irsyad, Sumarli menceritakan sang anak membeli jajanan ciki ngebul di kawasan sekolah. Sang anak kemudian meminum air sisa jajanan tersebut.

"Jadi awalnya ya biasa ya di sekolah ada banyak yang jualan. Katanya sih baru pertama kali jualan juga di sekolah itu yang namanya ciki ngebul. Banyak yang beli juga. Nah kebetulan ini belinya sudah dua kali. Terus ada sisa airnya, diminum juga," kisah Sumarli, dikutip kanal YouTube TRANS 7 OFFICIAL, Selasa (17/1/2023).

Setelah mengonsumsi ciki tersebut, Irsyad mengeluhkan perutnya yang kembung. Ia juga mengalami mual dan muntah.

"Perutnya kembung, mual, muntah," kata Irsyad.

Sepulang dari sekolah, Irsyad pun langsung dibawa ke puskesmas terdekat dan dirujuk ke rumah sakit. Dokter mengatakan kondisi Irsyad tidak terlalu parah sehingga dipulangkan di hari yang sama.

Selain Irsyad, ada pula bocah laki-laki bernama Afnan, Bunda. Afnan sendiri memiliki kondisi yang jauh lebih parah daripada Irsyad karena mengalami kebocoran lambung.

Lambung bocor dan perut membesar

Ayah Afnan, Jamaludin, bercerita bahwa sang anak membeli ciki ngebul saat berkunjung ke pasar malam, Bunda. Setelah mengonsumsi ciki ngebul, Afnan kemudian berteriak dan perutnya membesar.

"Ceritanya di pasar malam kita beli ciki ngebul itu, terus anak ini (Afnan) makan bareng-bareng. Makan, terus tiba-tiba menjerit. Nah setelah saya pegang perutnya ini, perutnya membesar semuanya," ungkap Jamaludin dalam acara yang sama.

Setelah melihat kondisi sang anak, Jamaludin langsung membawa Afnan ke rumah sakit dan melakukan rontgen. Hasilnya pun menunjukkan Afnan mengalami kebocoran lambung.

"Kita ke rumah sakit ditindak sama dokter langsung dipasang selang ke lambung untuk mengeluarkan cairan, setelah itu besoknya langsung operasi besar," jelasnya.

Berbeda dengan Irsyad, Afnan harus dirawat di rumah sakit selama enam hari. Ia juga mendapatkan jahitan pada lambung sekitar 10 hingga 15 cm.

Selain kebocoran lambung, ada pula potensi masalah kesehatan lain yang dapat terjadi saat menggunakan nitrogen cair, Bunda. Klik baca halaman berikutnya, ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Lihat juga video jenis makanan yang aman saat lambung bermasalah berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



SEBABKAN SESAK NAPAS HINGGA KEMATIAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!