parenting

Jelang Ujian Semester, Ajari Si Kecil Doa Memohon Ilmu Bermanfaat

Ratih Wulan Pinandu Minggu, 19 May 2019 13:02 WIB
Jelang Ujian Semester, Ajari Si Kecil Doa Memohon Ilmu Bermanfaat
Jakarta - Sebagian anak sekolah dasar akan menghadapi ujian akhir semester (UAS) untuk kenaikan kelas, mulai Senin (20/5/2019). Para orang tua pun kadang dibuat cemas menghadapi ujian putra dan putri mereka.

Apalagi, UAS kali ini digelar bertepatan dengan puasa Ramadhan. Wah, kekhawatiran jadi bertambah ya, Bun, karena memikirkan kondisi anaknya yang harus mengerjakan ulangan sambil menahan lapar dan haus.


Daripada panik sendiri, lebih baik membantu si kecil mempersiapkan ujian dengan maksimal yuk, Bun. Pertama, perhatikan asupan mereka saat sahur. Birmingham Public Health menyarankan untuk memberikan karbohidrat kompleks agar anak jadi lebih berenergi dalam waktu lebih lama. Contohnya seperti roti, oats, sereal, kacang-kacangan dan beras merah.


"Saat berbuka, silakan konsumsi makanan manis, misalnya kurma. Saat makan malam, porsinya jangan terlalu banyak. Sesuaikan dengan porsi yang biasa anak makan dengan komposisi lengkap yaitu karbohidrat, protein, lemak, buah, dan sayur," tutur salah satu perwakilan Birmingham Public Health, dikutip dari Birmingham Live.

Jelang Ujian Semester, Ajari Si Kecil Doa Memohon Ilmu BermanfaatIlustrasi doa menghadapi ujian sekolah/ Foto: Istock
Selanjutnya, tugas Bunda adalah mendampingi anak-anak belajar dan berlatih soal ujian. Pastikan juga agar mereka mendapat istirahat yang cukup, sehingga tidak lemas atau mengantuk keesokan harinya, Bun.

Buatlah jadwal harian selama mereka menghadapi UAS. Misalnya, dimulai dari pulang sekolah biarkan mereka beristirahat sebelum belajar. Beri kesempatan mereka tidur siang secukupnya selama satu jam. Setelah itu, bangunkan untuk mandi dan belajar, sambil menunggu buka puasa.

Setelah salat tarawih, anjurkan anak-anak untuk tidur lebih cepat dari biasanya. Sehingga tidak susah dibangunkan untuk sahur. Setelah salat Subuh, ada baiknya Bunda meminta mereka lanjut belajar daripada tidur lagi.

Nah, yang terakhir, bangun kepercayaan diri bahwa mereka mampu mengerjakan soal-soal ujian di sekolah. Tak lupa, sangat penting mengajari anak-anak doa memohon ilmu yang bermanfaat untuk membantu memudahkan mengerjakan soal ujian.

Enggak perlu doa yang panjang, Bun, agar cepat dihafal anak-anak. Melansir buku 99 Doa & Dzikir harian untuk Anak, berikut doa memohon ilmu yang bisa diajarkan pada anak-anak.

Rabbi zidnii 'ilman

Artinya, "Wahai Rabb-ku, tambahkan ilmu kepadaku." (Q.S. Taha ayat 114).


Anak-anak tentu sudah enggak asing kan dengan doa pendek tersebut. Sampaikan pada anak-anak untuk membaca doa di atas saat menemui kesulitan dalam mengerjakan soal ujian. Insyallah akan ada kemudahan dalam menyelesaikan ujian mereka.

Semoga si kecil sukses mengerjakan soal-soalnya ya!

Coba juga resep di bawah ini yuk, Bun, agar anak lebih bersemangat puasa!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi