sign up SIGN UP search

parenting

5 Cara Membentuk Kecerdasan Budaya pada Anak agar Bisa Toleransi dengan Sesama

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Jumat, 20 Jan 2023 22:05 WIB
Ilustrasi Ibu dan Anak 5 Cara Membentuk Kecerdasan Budaya pada Anak agar Bisa Toleransi dengan Sesama/ Getty Images/iStockphoto/shironosov
Jakarta -

Sikap toleransi dibutuhkan seorang anak agar bisa berbaur dengan anak seusianya. Salah satu caranya dengan membentuk kecerdasan budaya dalam diri anak sejak dini, Bunda.

Menurut Principal of Sampoerna Academy Grand Pakuwon, Adelina Holmes, kecerdasan budaya adalah sesuatu yang berguna untukĀ anak yang sedang sekolah, bahkan untuk orang tuanya. Anak yang memiliki kecerdasan ini dapat berinteraksi dengan mudah dengan anak lain dari negara lain dengan budaya berbeda.

"Kecerdasan budaya sangat penting banget apalagi kita masuk di era anak-anak sudah bisa bekerja dan belajar lintas negara," kata Adelia dalam Webinar Cultural Competence: An Essential Skill Set for 21st Century bersama Sampoerna Academy via Zoom, Rabu (18/1/2023).


"Kecerdasan budaya juga bisa memungkinkan anak-anak berinterakksi dengan orang yang punya budaya berbeda dengan kita. Ini bisa membangun rasa empati, toleransi, dan membuatnya open minded saat berinteraksi dengan orang dari luar lingkungannya," lanjutnya.

Hal yang sama juga disampaikan Psikolog Anak Vera Itabiliana Hafiwidjojo. Menurut Vera, kecerdasan budaya sangat penting, disamping kecerdasan lainnya. Dalam beberapa literasi, kecerdasan budaya bahkan disetarakan dengan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional.

"Jadi bisa disejajarkan dengan IQ (Intellectual Quotient) dan Emotional Quotients (EQ) kepentingannya," ujar Vera.

Manfaat kecerdasan budaya untuk anak

Kecerdasan budaya merupakan kemampuan anak untuk berinteraksi efektif dalam konteks beragam budaya. Budaya ini tak hanya sebatas di Indonesia, tetapi juga dari seluruh negara ya, Bunda.

Menurut Psikolog Anak Vera Itabiliana, berikut manfaat bagi anak memiliki kecerdasan budaya:

  1. Luwes bergaul dan adaptif
  2. Fleksibel dalam berpikir dan open minded.
  3. Dapat berkomunikasi lebih baik
  4. Menciptakan harmoni dan minim konflik di masa depan

Ada hal-hal penting yang berkaitan dalam membentuk kecerdasan budaya pada anak, Bunda. Apa saja? Lalu bagaimana cara membentuk kecerdasaan budaya ini pada Si Kecil sejak dini ya?

Baca halaman berikutnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 7 ciri awal anak cerdas, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MEMBENTUK KECERDASAN BUDAYA PADA ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!