sign up SIGN UP search

parenting

9 Ciri Bayi Cerdas Usia 4 Bulan, Cara Mendidik & Stimulasinya

Mutiara Putri   |   Haibunda Sabtu, 14 Jan 2023 14:49 WIB
Asian mother play with her baby in bed room, this picture can use for education, study, mother, mom and toy concept Ilustrasi Ciri Bayi Cerdas Usia 4 Bulan/Foto: Getty Images/iStockphoto/NeoPhoto
Jakarta -

Setiap orang tua pasti ingin anaknya tumbuh menjadi anak yang cerdas. Ternyata, ada beberapa ciri yang terlihat jika bayi usia empat bulan tumbuh menjadi anak yang cerdas, Bunda.

Secara umum, tidak ada ukuran pasti seseorang anak dikatakan cerdas karena artinya cukup subyektif. Secara keseluruhan, anak cerdas adalah anak yang memiliki kemampuan berpikir dan belajar lebih baik dari orang lain.

Lebih lanjut, kecerdasan pada anak sendiri lebih dari sekedar nilai IQ yang tinggi. Kecerdasan pada anak dapat beragam dan tidak bisa disamakan dengan anak-anak lainnya.


Ciri bayi cerdas di usia 4 bulan

Pada usia empat bulan, bayi bisa diketahui kecerdasannya dengan beberapa ciri. Melansir dari Parenting Firstcry, berikut ini deretannya:

1. Memiliki keterampilan komunikasi dan bahasa

Si Kecil sudah bisa mengeluarkan berbagai macam suara, baik suara tawa maupun tangisan? Tanpa disadari, bayi berusia 4-5 bulan mulai mengeluarkan berbagai suara, nih.

Kalau Si Kecil mulai menunjukkan ketertarikan saat diceritakan kisah-kisah sebelum tidur, ini bisa menjadi tanda awal bayi cerdas dan memiliki bakat, Bunda.

2. Kuat secara emosional

Bayi yang cerdas memiliki kekuatan secara emosional, Bunda. Artinya mereka dapat merasakan perasaan emosi negatif maupun positif dengan kuat. Perhatikan cara bayi terhubung dengan Bunda, Ayah, atau bahkan hewan peliharaan, ya.

3. Duduk tanpa bantuan

Apakah Si Kecil duduk tanpa bantuan sebelum atau pada usia empat bulan? Jika ya, ini tandanya bayi mencapai pertumbuhannya lebih awal dari bayi-bayi lainnya, Bunda.

4. Perkembangan motorik

Dilansir laman WebMD, perkembangan motorik bayi usia empat begitu tertarik dengan tangannya. Si Kecil juga mulai menggenggam dengan erat, seperti memegang mainan lembut, dan tidak sengaja menarik rambut Bunda.

Oleh karena itu, di usia ini, bayi sebaiknya tidak dikenakan perhiasan seperti kalung atau gelang yang memungkinkan untuk ditarik dan membuat Si Kecil terluka.

5. Melakukan kontak mata

Saat bayi lahir, sebagian besar waktunya dihabiskan untuk mengamati sekeliling mulai dari orang lain dan berbagai gerakan. Bayi yang cerdas akan melakukan kontak mata dengan orang yang menggendong atau berbicara dengannya.

6. Lebih fokus

Bayi yang cerdas tidak mudah terganggu oleh gerakan baru yang terjadi di sekitarnya, Bunda. Mereka lebih mudah fokus pada satu hal selama lebih dari 15 menit.

7. Memiliki rasa ingin tahu

Di usia empat bulan, biasanya bayi sudah bisa tengkurap dan berguling. Mereka pun mulai memiliki rasa ketertarikan untuk mengelilingi dan menjelajahi ruangan.

8. Mendengar bahasa yang berbeda

Kalau Bunda dan Ayah dapat menguasai bahasa yang berbeda, cobalah untuk berkomunikasi dengan Si Kecil menggunakan bahasa ini sesering mungkin, ya. Ini akan mendorong proses perkembangan otak lebih cepat.

9. Mengingat dengan baik

Bayi cenderung bisa mengingat tempat-tempat yang pernah dikunjungi sebelumnya, Bunda. Mereka juga akan mulai mengingat nama orang bahkan lokasi tertentu.

Lantas bagaimana cara mendidik dan menstimulasi bayi cerdas usia empat bulan? Simak selengkapnya pada laman berikutnya, ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan lagi video  sayuran yang baik dikonsumsi busui agar bayi cerdas berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
CIPTAKAN RUANGAN YANG NYAMAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!