sign up SIGN UP search

parenting

Viral Bayi Diberi Kopi Instan, Ini Bahayanya Menurut Dokter Anak

Tim HaiBunda   |   Haibunda Selasa, 24 Jan 2023 10:25 WIB
Baby leg fingers. Shallow DOF. Developed from RAW; retouched with special care and attention; Small amount of grain added for best final impression. 16 bit Adobe RGB color profile. Ilustrasi Viral Bayi Diberi Kopi Instan, Ini Bahayanya Menurut Dokter Anak. Foto: iStock
Jakarta -

Baru-baru ini, media sosial kembali diramaikan dengan beredarnya video seorang bayi diberi kopi susu sachet. Video ini sontak menjadi viral lantaran hal tersebut dianggap tak wajar.

Dalam penjelasan video yang beredar, kopi susu sachet tersebut diberikan sebagai pengganti susu kental manis. Narasi dalam video itu juga menjelaskan jika bayinya BAB sebanyak sembilan kali sehari.

"Bayi minum kopi G**d D*y kan ada susunya. Daripada dikasih susu F****n F**g katanya ndak ada susunya," demikian narasi video yang beredar, Minggu (23/1/2023).


"Kemarin-kemarin bayi BAB 10 kali sehari, Alhamdulillah sejak minum susu kopi sekarang dia BAB 9 kali sehari," lanjut narasi video tersebut.

Hal ini pun mendapat tanggapan dari dokter spesialis anak yang akrab disapa dr Denta. Melalui cuitannya di Twitter, dr Denta tidak menyarankan kopi untuk dikonsumsi anak-anak.

"Kopi tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh anak-anak. IDAAS (Ikatan Dokter Anak Amerika Serikat) malah secara tegas dan presisi membuat pernyataan, di bawah 12 tahun haram hukumnya minum kopi!," tulis dr Denta @sdenta, dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan, pada Minggu (23/1/2023).

Anak di bawah 12 tahun dilarang minum kopi

American Academy of Pediatrics tidak merekomendasikan minuman berkafein seperti kopi, teh, soda, atau minuman lainnya diberikan pada anak di bawah 12 tahun. Demikian dilansir laman CNN.

Batas maksimal mengonsumsi kafein diketahui 100 mg per harinya untuk usia remaja yakni pada rentang usia 12 hingga 18 tahun. Terlalu banyak kafein yang dikonsumsi bisa berbahaya untuk anak-anak.

Lalu apa saja gejala yang ditimbulkan saat anak-anak mengonsumsi kafein?

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

(fir/fir)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!