sign up SIGN UP search

parenting

5 Alasan Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini, Bunda Perlu Tahu

Mutiara Putri   |   Haibunda Senin, 15 May 2023 17:40 WIB
Ilustrasi Pentingnya PAUD caption
Jakarta -

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan payung lembaga pendidikan yang di dalamnya terdapat kelompok bermain (KB) serta Taman Kanak-kanak (TK). Kira-kira, apa pentingnya PAUD, ya?

Menurut Psikolog Pendidikan Anak & Keluarga Hanindya Restiningtyas, M.Psi, beberapa ahli menjelaskan bahwa PAUD ditujukan oleh anak usia 0 sampai 6 tahun. Hal ini juga tertera pada UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

"PAUD secara harfiah menurut beberapa ahli ditujukan oleh anak usia 0 sampai 6 tahun di UU No 20 tahun 2003 pun mengatur bahwa memang pendidikan ini ditujukan untuk anak-anak usia dini yakni 0 sampai 6 tahun," ujarnya dalam acara Instagram Live bersama HaiBunda belum lama ini.


Tak hanya itu, PAUD merupakan program pendidikan yang bisa dilaksanakan secara formal maupun informal. Dengan begitu, Si Kecil juga bisa mendapat pendidikan PAUD di rumah.

"PAUD itu program pendidikan yang bisa diemban secara formal maupun informal. Kalau informal ini biasanya di rumah atau beberapa lembaga PAUD, namun yang bersifat formal biasanya berbentuk TK," jelas psikolog yang akrab disapa Resti ini.

Alasan pentingnya PAUD

Ada beberapa alasan pentingnya pendidikan anak usia dini yang bisa Bunda ketahui. Kalau penasaran, berikut ini deretannya:

1. Mempersiapkan anak ke jenjang SD

Resti menjelaskan PAUD membantu anak untuk merangsang serta menstimulasi aspek-aspek yang dibutuhkan untuk jenjang berikutnya, yakni SD. Aspek ini berupa kognitif, psikomotorik, serta adaptasi.

"Kematangan sekolah untuk SD pokok-nya ada kesiapan untuk belajar, beradaptasi. Nah ada kognitif, psikomotorik. Kalau yang adaptasi ada sosial, emosional, moral, dan agama. Jenjang PAUD ini merangsang semua aspek itu agar nantinya siap ke jenjang berikutnya," jelasnya.

2. Mengajarkan anak bersosialisasi

PAUD turut mengajarkan anak untuk bersosialisasi, terutama di usia 5 tahun ke atas. Di pendidikan PAUD, anak akan belajar cara menyelesaikan masalah serta mengambil keputusan.

"Anak belajar bersosialisasi di usia PAUD terutama di usia 5 tahun ke atas. Karena itu kita rangsang sebanyak-banyaknya tentang persiapan dia problem solving-nya bagaimana, mengambil keputusannya," tutur Resti.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat pentingnya PAUD yang lainnya ya, Bunda.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Saksikan lagi video metode pembelajaran PAUD berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right
MENDALAMI KARAKTER ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!