psikologi

Yang Bisa Bunda dan Ayah Lakukan Agar Anak Tak Takut ke Dokter Gigi

Radian Nyi Sukmasari Sabtu, 21 Okt 2017 - 13.21 WIB
Yang Bisa Bunda dan Ayah Lakukan Agar Anak Tak Takut ke Dokter Gigi/ Foto: thinkstock Yang Bisa Bunda dan Ayah Lakukan Agar Anak Tak Takut ke Dokter Gigi/ Foto: thinkstock
Jakarta - Pasti senang rasanya ya, Bun, kalau anak nggak susah saat diajak periksa ke dokter gigi. Nah, supaya anak nggak takut dan 'drama' lagi kalau diajak ke dokter gigi, kita sebagai orang tua juga punya peran penting lho.

drg Henny Octaviana Danan SpKGA dari Medikids Clinic by MHDC menuturkan dalam merawat kesehatan gigi anak, ada segitiga perawatan gigi pada anak. Di tingkat tertinggi, ada si anak sebagai pasien. Nah, dua komponen di bawahnya adalah si dokter gigi dan orang tua.

Apa artinya? kata drg Henny, orang tua dan dokter harus bekerja sama. Sebagai dokter gigi, drg Henny bilang sulit banget melakukan anamnesa gigi si kecil ketika orang tua masih ngeyel. Untuk itu, akan sangat membantu kalau orang tua bisa benar-benar mengerti tentang apa yang akan dilakukan anak saat cek ke dokter gigi.

Baca juga: Foto: Lucu Banget! Ekspresi Anak-anak yang Giginya Baru Copot

"Kuncinya orang tua harus nyaman dulu, percaya dulu. Kadang, baru kita mau periksa gigi anak, orang tuanya udah heboh. 'Aduh, Dok, itu giginya mau diapain'. Itu bisa bikin anak nggak percaya diri atau bahkan takut saat diperiksa dokter gigi selain anak juga bisa terdistraksi," kata drg Henny di sela-sela Happy Talkshow 'Kesehatan Gigi Anak' di Festival Bunda Happy yang digelar HaiBunda bersama Vivo.

Hal yang dilakukan orang tua seperti itu amat nggak disarankan, Bun. Terlebih, kadang demi menyemangati anak, sekeluarga pun ikut menemani si kecil ketika ke dokter gigi. Nah, menurut drg Henny, situasi kayak gitu justru membuat anak bingung dan bisa nggak nyaman. Makanya, disarankan banget cuma satu orang yang menemani anak saat ke dokter gigi.

Bahkan supaya si anak nyaman, nggak jarang dilakukan pendekatan dulu nih, Bun, ke anaknya. Memang, untuk anak usia 3 tahun ke bawah masih ada yang perlu dipangku orang tuanya. Kata drg Henny, itu nggak masalah yang penting orang tua tetap nyaman dan percaya diri.

"Ayolah, sebagai orang tua kita turunkan semua ego kita untuk anak. Jangan sampai misalnya kita yang takut ke dokter gigi, kita jadi takut juga ketika anak diperiksa sama dokter gigi. Ini kan demi kebaikan si kecil juga ya," tutur drg Henny.

Baca juga: Nggak Disadari, Kebiasaan Ini Bisa Bikin Gigi Anak Rusak (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi