psikologi

Melihat Karakteristik Anak dari Bulan Kelahirannya

Melly Febrida 13 Nov 2017
Melihat Karakteristik Anak dari Bulan Kelahirannya/Foto: thinkstock Melihat Karakteristik Anak dari Bulan Kelahirannya/Foto: thinkstock
Jakarta - Si kecil lahir di bulan apa, Bun? Setiap bulan dianggap memiliki keunikan masing-masing. Karena itu, bulan lahir pun sering dikaitkan dengan karakteristik anak.

Karakter seseorang sebenarnya memang nggak serta-merta dimiliki sejak lahir, tapi juga yang dipelajari dalam hidupnya. Just for fun ya, Bun, berikut ini berbagai karakteristik anak dilihat dari bulan kelahirannya, seperti dilansir Speakingtree:

1. Bayi Januari

Merupakan bayi yang cantik atau ganteng. Bayi Januari kelak suka berdandan, mudah bosan, dan cerewet. Mereka umumnya jarang menunjukkan emosinya, membutuhkan waktu yang kebih lama untuk pulih saat sakit, peka, suka merendah, dan keras kepala.

2. Bayi Februari

Pikirannya abstrak, Bun. Mereka dikenal cerdas dan pandai, kepribadian sering berubah-ubah, menarik, namun emosional.

Ditengarai bayi Februari saat beranjak besar cenderung pendiam, pemalu, dan rendah hati. Mereka jujur dan loyal, bertekad untuk mencapai tujuan, dan mencintai kebebasan. Mereka akan melawan saat dibatasi, serta cenderung agresif.

Bayi Februari kelak akan menjadi orang yang terlalu sensitif dan mudah sakit. Bisa marah dengan mudah tapi tidak menunjukkannya. Tidak suka hal yang tidak perlu. Menyayangi teman tapi jarang menunjukkannya.

Berani dan keras kepala, ambisius. Memiliki mimpi dan harapan. Tajam. Mencintai hiburan dan liburan. Romantis di dalam, tapi tidak di luar. Boros, dan berusaha belajar menunjukkan emosi.



3. Bayi Maret

Kepribadianyang menarik, pemalu, penyayang dan pendiam. Jujur, murah hati, dan simpatik. Mencintai kedamaian dan ketenangan.

Saat besar, dia juga akan sensitif terhadap orang lain. Mudah marah, dapat dipercaya, baik hati. Hampir tidak menunjukkan emosi. Gemar mengamati dan menilai orang lain.

4. Bayi April

Bayi yang lucu, namun keras kepala. Kelak menjadi sosok yang sangat banyak bicara, tenang dan cool. Meski begitu, dia dikenal baik dan simpatik.

Hal-hal lainnya prihatin dan rinci, setia, sangat percaya diri, peka, dan bersikap positif. Nantinya menjadi sosok yang murah hati, punya ingatan yang bagus, pintar dan berpengetahuan luas, serta suka mencari informasi.

Bayi April nantinya dikenal mampu menghibur semua orang dan atau membuat orang lain tertawa. Ia juga mampu memotivasi diri sendiri dan orang lain, pengertian, sehingga orang lain merasa senang saat berada di sekitarnya.

5. Bayi Mei

Bayi yang lahir di bukan Mei ditengarai keras kepala dan keras hati. Kemauannya keras dan sangat termotivasi. Saat besar, dia punya pikiran yang tajam, namun mudah marah.

Mereka menarik perhatian orang lain dan menyukai perhatian, serta punya perasaan mendalam. Umumnya cantik secara fisik dan mental, senang bepergian, serta tidak suka berada di rumah.

Orang yang lahir di bulan Mei tidak membutuhkan motivasi, pemalu terhadap lawan jenis, dan mudah terhibur. Orangnya sistematik (otak kiri), mencintai sastra dan seni, suka bermimpi, punya imajinasi yang baik, pekerja keras, serta punya semangat tinggi.

6. Bayi Juni

Mereka yang lahir di bulan Juni memiliki kepribadian baik, senang memiliki teman baru, serta bersikap sopan. Bayi yang lahir Juni nantinya menjadi penggoda yang hebat dan senang memiliki teman yang menarik.

Bayi yang lahir bulan ini nantinya juga senang film yang hebat, dan mungkin suatu saat bisa menjadi aktor atau aktris terkenal, he-he.

7. Bayi Juli

Bayi yang lahir Juli senang menemani orang lain, namun sulit dipahami. Biasanya mereka tenang, kecuali saat tegang. Bayi yang lahir Juli nantinya suka membanggakan diri sendiri, memiliki reputasi, mudah terhibur, dan jujur.

Saat sudah besar, bayi buan Juli prihatin dengan perasaan orang, bijaksana, dan ramah. Bayi Juli juga dikenal emosional, temperamental, dan tak terduga. Mereka moody dan mudah sakit hati. Meski begitu mereka bukan orang yang suka balas dendam, pemaaf, tapi tidak pernah lupa akan sesuatu yang menyakitinya.

Mereka tidak suka hal yang tidak masuk akal dan tidak perlu, suka memandu orang lain secara fisik dan mental, sensitif dan terkesan hati-hati. Mereka juga sosok yang dikenal peduli dan mencintai, penuh simpati, hati-hati, dan tajam.

Bayi yang lahir di bulan Juli saat besar nanti akan menjadi seorang pekerja keras. Ia juga dikenal tidak ada kesulitan dalam belajar, senang sendirian, sering merenung tentang masa lalu dan teman-teman lama. Mereka tidak agresif kecuali diprovokasi, mencintai untuk dicintai, mudah terluka dan butuh waktu lama untuk pulih.

8. Bayi Agustus

Bayi yang lahir bulan Agustus umumnya cuek, suka mengambil risiko, serta suka memberi perhatian. Mereka tidak memiliki kontrol diri, baik hati, percaya diri, namun sangat balas dendam.

Orang dengan kelahiran Agustus juga mudah bergaul dan senang ngobrol, Bun, karena ia suka berbicara. Selain itu, bayi kelahiran Agustus menyukai musik dan senang bernyanyi, pelamun, dan mudah terganggu.

Bayi kelahiran Agustus ketika besar juga tak suka apabila tidak dipercaya. Ia juga memiliki impian yang besar tapi tak suka belajar. Orang yang lahir di bulan Agustus menginginkan kebebasan. Ia akan berontak bila ditahan atau dibatasi. Mereka dikenal keras kepala, selalu ingin tahu, independen, dan berkemauan keras.

9. Bayi September

Bayi yang lahir September aktif dan dinamis. Kelak mereka akan dikenal sebagai orang yang tegas, tapi tergesa-gesa sehingga cenderung menyesal.

Mereka menarik dan menyayangi diri sendiri, mentalnya kuat dan penuh perhatian. Orang-orang yang lahir di bulan September cenderung diplomatik, senang menghibur, ramah, dan bisa memecahkan masalah orang.

Mereka juga berani dan tak kenal takut, senang berpetualang, mencintai, dan peduli pada orang lain. Bayi yang lahir September kelak tumbuh sebagai sosok yang murah hati, dan biasanya punya banyak teman.

Sosoknya emosional, keras kepala, gegabah. Tapi dia juga disebut memiliki ingatan yang bagus, serta bisa memotivasi diri sendiri dan orang lain.


10. Bayi Oktober

Bayi yang lahir Oktober kelak suka ngobrol, juga mencintai orang-orang yang mencintai mereka. Selain itu batin dan fisiknya cantik, suka berbohong tapi tidak berpura-pura.

Sering marah, senang berteman, berani dan tak kenal takut. Bayi yang lahir Oktober saat besar akan mudah tersakiti tapi sembuh dengan mudah. Pelamun, dogmatis, tidak bisa mengendalikan emosi, susah ditebak, dan sangat pintar.

11. Bayi November

Bayi yang lahir November kelakmenjadi orang yang bisa dipercaya dan setia. Sangat bernafsu dan berbahaya, serta kadang-kadang liar.

Mereka tahu bagaimana bersenang-senang. Dikenal sebagai sosok yang seksi dan misterius. Semua orang tertarik pada kecantikan batin dan fisik, serta kepribadian yang independen.

Umumnya mereka penuh cinta tapi tertutup. Kadang sangat emosional dan temperamental. Mudah bertemu orang baru dan sangat sosial dalam suatu kelompok, tak takut, dan mandiri.

Dengan kecerdasannya, mereka bisa mengatasi sendiri masalahnya.

12. Bayi Desember

Bayi yang lahir Desember tipe yang setia dan murah hati, patriotik, kompetitif dalam segala hal. Mereka saat dewasa akan dikenal aktif dalam permainan dan interaksi, meski tidak sabaran, tergesa-gesa, dan ambisius.

Mereka juga Berpengaruh dalam berorganisasi, senang berkumpul, serta mudah diajak bicara meski susah dimengerti.

Namun mereka mudah dipengaruhi dengan kebaikan, sopan dan lembut. Sosoknya memiliki banyak ide, peka, dan pikirannya aktif. Tapi mereka orangnya ragu-ragu dan cenderung menunda, pemilih dan selalu menginginkan yang terbaik, serta emosional.

Sosoknya dikenal lucu dan senang bercanda, pintar berdebat, banyak bicara, pemimpi, serta ramah. Dia juga tahu bagaimana cara berteman, mudah mencintai namun juga mudah terluka. Mereka rawan terkena flu, senang musik, mudah bosan, cerewet, namun peka.



Fakta atau Kebetulan?

Bulan kelahiran memang kerap dihubungkan dengan karakter seseorang. Dengan mengetahui banyak hal tentang anak, akan membantu Bunda membimbing anak dengan cinta dan pemahaman yang lebih baik di sepanjang hidupnya, serta membentuk karakter anak yang bertanggung jawab.

Sejumlah penelitian memang menunjukkan adanya hubungan antara temperamen dan kesehatan dengan bulan kelahiran seseorang, Bun. Meski, horoskop atau ramalan berdasarkan zodiak serta waktu kelahiran bertentangan dengan ilmu pengetahuan, namun serig kali waktu kelahiran seseorang mempengaruhi kehidupannya.

Ratusan penelitian yang diterbitkan dalam berbagai jurnal menunjukkan bulan kelahiran seseorang berhubungan dengan karakteristiknya seperti temperamen, umur panjang dan kerentanan terhadap penyakit tertentu, demikian seperti diberitakan detikhealth.

Para ilmuwan mengatakan beberapa temuan ini mungkin saja palsu, tapi jika melihat kenyataan yang ada, beberapa hal memiliki kesesuaian yang bisa jadi adalah kebetulan. Efek lainnya bisa jadi sangat nyata, bukan disebabkan oleh kesejajaran planet-planet, tetapi karena pengaruh lingkungan selama kehamilan dan awal kehidupan.

Nggak usah terlalu serius, Bun. Kitalah yang paling tahu anak kita, sehingga kita juga yang paling paham bagaimana membimbing mereka. (vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi