psikologi

Terinspirasi dari Warna, Nama-Nama Bayi Ini Bisa Jadi Pilihan

Melly Febrida 13 Des 2017
Terinspirasi dari Warna, Nama-Nama Bayi Ini Bisa Jadi Pilihan (Foto: Dhani Irawan/detikcom) Terinspirasi dari Warna, Nama-Nama Bayi Ini Bisa Jadi Pilihan (Foto: Dhani Irawan/detikcom)
Jakarta - Ngomong-ngomong soal nama anak, dulu kalau nama anak diambil dari nama warna bisa terdengar aneh ya, Bun. Tapi sekarang, udah lumrah banget nih beberapa nama dijadikan nama buat si kecil yang pastinya mengandung makna dan harapan dari orang tuanya.

Belum lagi nama benda, buah, atau apapun yang terdengar manis di telinga. Contohnya saja, Bun, Gwyneth Paltrow yang menggunakan Apple menjadi nama bayi perempuannya. Jamie Oliver dan istrinya memilih River Rockett untuk nama putra mereka, begitu juga dengan Beyonce dan Jay-Z yang berhasil menjadikan nama bayinya Blue Ivy yang lahir tahun 2012 itu menjadi tren.


Menurut Baby Center, salah satu tren nama bayi di tahun 2017 adalah warna. Dan warna seperti Red, Hazel dan Ivory, juga nggak kalah populer untuk dijadikan nama bayi lho Bun. Kalau di Indonesia sendiri juga banyak pasangan yang pakai warna sebagai nama anaknya kayak Biru, Jingga, Gading, dan Violet.

Kalau Bunda dan Ayah kebetulan pengen ngasih nama si kecil pakai nama warna, beberapa nama yang terinspirasi dari warna yang mungkin bisa Bunda pertimbangkan, seperti dilansir Romper:

1. Blue

Nama ini fleksibel, bisa untuk bayi perempuan atau laki-laki. Menurut Baby Center. Nama Blue masuk dalam daftar populer tahun 2017. Warna Blue dipakai sebanyak 14 persen untuk anak laki-laki dan 9 persen untuk anak perempuan.

2. Hazel

Kalau dengar nama Hazel, kita sudah berpikiran ini nama untuk bayi perempuan. Padahal, nama Hazel semakin populer untuk bayi laki-laki. Ketika dengar nama Hazel, kita bisa berpikir ini nama yang cukup bagus untuk seorang gadis. Tapi sebenarnya Hazel jadi nama yang makin populer buat anak laki-laki. Data Baby Center menemukan pemakaian nama Hazel meningkat 88 persen di tahun 2017 untuk daftar nama anak laki-laki.

3. Red

Blue memang baru populer, tapi nama Red juga mengalami peningkatan di daftar nama bayi, Bun. Baby Center melaporkan persentase pemakaian nama Red naik 16 persen untuk anak laki-laki di tahun 2017.

Red itu nama populer untuk pria generasi terdahulu dan nampaknya sangat populer bagi mereka yang memiliki hubungan yang kuat dengan olahraga. Misalnya aja buat para penggemar Boston Celtics, nama Red Auerbach dan Red Smith, yang bermain untuk Braves pada awal 1900-an bisa jadi nggak asing lagi di telinga.

4. Lavender

Lavender pastinya untuk nama bayi perempuan ya Bun. Dan Lavender menjadi lebih populer untuk nama bayi perempuan di tahun 2017 dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Kalau versi Indonesia mungkin kita juga sering mendengar nama Ungu. Sesuai dengan warna bunganya yang ungu. Tapi, menurut Nameberry, Lavender agak kurang populer dibanding Violet dan Lilac dalam daftar nama. Makanya, kalau Bunda pengen kasih nama si kecil yang masih belum umum, nama Lavender bisa jadi pilihan nih, Bun.


5. Ivory

Ivory dan lawannya Ebony meningkat tajam dalam daftar nama bayi tahun 2017. Baby Center melaporkan nama Ivory semakin populer untuk anak laki-laki dengan persentase 71 persen dan untuk anak perempuan dengan persentase 42 persen. Jadi nama ini netral gender Bun, bisa buat anak perempuan atau laki-laki. Kalau di Indonesia nama ini biasanya menjadi Gading. Menarik juga kan?

6. Ebony

Kalau Blue dan Red berpasangan menjadi populer dalam daftar nama bayi, Ebony juga nggak mau kalah bersama Ivory. Pemakaian Ebony sebagai nama anak naik 35 persen dalam daftar nama bayi perempuan di Baby Center pada tahun 2017.

7. Jett

John Travolta menamai anak lelakinya, Jett, yang memicu popularitas nama ini di tahun '90-an. Nama itu yang mengingatkan kita pada warna hitam legam sedikit mengalami peningkatan persentase pemakaian di tahun lalu.

8. Scarlett

Scarlett masuk dalam daftar popularitas untuk bayi perempuan dalam waktu yang lama lho dan memegang posisi kuat di 20 besar nama paling populer buat bayi perempuan di tahun 2017.

9. Ruby

Kalau mendengar nama ini jadi teringat batu permata. Ya nggak, Bun? Nah, nama Ruby ini menjadi nama yang sangat populer dan terinspirasi dari warna yang cerah.

10. Azure

Satu lagi di keluarga biru ada Azure. Nama ini belum umum untuk nama bayi, Bun. Tapi bisa digunakan untuk nama bayi perempuan atau laki-laki.

11. Amethyst

Amethyst, warna yang mirip dengan Lavender dan Violet ini belum umum dipakai. Tapi, kalau Bunda mau dengar nama yang agak beda, Amethyst bisa dipilih.

12. Hunter

Nama ini bisa menjadi pilihan yang tepat dalam daftar nama anak laki-laki. Namun, menurut Nameberry, nama ini meningkat di daftar nama bayi perempuan di tahun '90-an dan merupakan salah satu nama yang paling cepat naik popularitasnya di tahun 2013.


Hal terpenting yang kita perlu perhatikan dalam memberi nama anak adalah makna dari nama itu sendiri dan apakah ada kemungkinan nama itu justru bikin anak nggak nyaman, misalkan di-bully. Kata psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani atau Nina, ketika kita ingin kasih nama anak yang nggak biasa, kita juga perlu menanamkan ke anak kalau nama yang dikasih ke mereka adalah doa dan benar-benar ada 'cinta' di dalamnya.

"Pelafalan nama anak juga bisa jadi pertimbangan. Karena kadang ada nama yang artinya indah banget tapi kebetulan pelafalannya agak susah. Nah, pelafalan ini terkait juga sama culture di tempat tinggal kita ya," tambah Nina. (aml/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi