psikologi

Bunga-bunga yang Bisa Jadi Inspirasi Nama Bayi

Melly Febrida 23 Des 2017
Inspirasi dan arti nama bayi/ Foto: Dhani Irawan/detikcom Inspirasi dan arti nama bayi/ Foto: Dhani Irawan/detikcom
Jakarta - Kalau bicara tentang pilihan nama bayi kayaknya nggak rampung-rampung ya Bun. Ada banyak pilihan nama bay, dan semua tergantung selera orang tua yang mana. Pastinya sebagai orang tua kita nggak mau asal beri nama.

Untuk nama bayi perempuan, Bunda dan suami juga bisa memilih nama yang terinspirasi dari nama bunga Bun. Nama yang cantik untuk bayi cantik yang baru hadir di bumi.

Berikut beberapa pilihan nama bunga yang bisa Bunda pertimbangkan seperti dirangkum dari berbagai sumber

1. Aster

Nama ini berasal dari Yunani. Makna harfiahnya adalah 'bintang'. Bunga aster, yang bunganya berwarna cerah, yang mekarnya berbentuk bintang adalah bunga resmi bulan September dan menurut mitos, adalah air mata Dewi Astraea, yang juga dikenal sebagai rasi bintang Virgo - September.

2. Melati atau Jasmine

Nama ini elegan dan unik. Bunga semak yang cantik ini memiliki harum yang khas saat mekar dan biasa digunakan untuk membuat parfum atau campuran teh.

3. Briar

Briar adalah nama dalam bahasa Inggris untuk 'semak duri' dan merupakan simbol kekuatan dan keamanan. Briar sendiri dikenal sebagai mawar liar.

4. Calla

Ini nama bunga lili yang populer. Calla berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti 'paling indah'. Bagus ya?

5. Cosmo

Kalau mendengar nama cosmo, yang terbayangkan luar angkasa ya Bun. Soalnya filsuf Pythagoras menciptakan istilah 'kosmos' untuk menggambarkan alam semesta sebagai sistem yang tertib, harmonis, dan seimbang.

Berkaitan dengan bunga matahari, dinamakan bunga kosmos karena bentuknya yang mirip bintang. Sebagai nama bayi, Cosmo berarti ketertiban, kesopanan, dan kecantikan.



6. Floryn

Floryn adalah nama bayi yang bisa digunakan untuk bayi laki-laki maupun perempuan. Berasar dari bahasa Latin, Flory memiliki arti 'berkembang' atau 'bunga mekar'.

7. Leilani

Leilani berasal dari kata-kata dalam bahasa Hawaii 'lei' dan 'lani,' yang berarti 'bunga surgawi'.

8. Linden

Linden adalah varietas yang memiliki daun berbentuk hati dan bunga kuning harum yang sering digunakan dalam teh herbal. Pohon itu adalah simbol nasional negara Slovenia.

9. Ren

Ren adalah kata dari bahasa Jepang yang berarti 'teratai', sebuah bunga yang secara historis melambangkan kelahiran kembali dan keindahan. Bunga teratai putih atau merah muda yang tumbuh dari dasar kolam atau sungai yang berlumpur mengapung di atas air. Cantik!

10. Senna

Senna merupakan tanaman hias. Kata senna sendiri berasal dari kata Arab 'sana' yang berarti 'kecemerlangan, sinar dan kemegahan'.

11. Tansy atau Tansie

Ini merupakan anggota keluarga aster. Tansie sudah lama digunakan sebagai ramuan obat, pestisida, dan pengawet alami. Nama Tansy umumnya diasumsikan sebagai nama asli Amerika yang berasal dari tumbuhan. Dalam bahasa Latin artinya 'ulet' dan dalam bahasa Yunani artinya 'keabadian'.

12. Zinnia

Bunga yang indah ini melambangkan ingatan dan dikenal karena bunganya sangat menarik kupu-kupu. Fakta yang menyenangkan: Pada bulan Januari 2016, sebuah zinnia berkembang di Stasiun Luar Angkasa Internasional, membuat bunga itu yang pertama mekar di luar biosfer Bumi.



Ada nama-nama bunga lainnya, yang mungkin bisa jadi pertimbangan, Bun.

1. Aida
2. Alder
3. Amaranth
4. Aven
5. Ayana
6. Enya
7. Jacinta
8. Kalina
9. Poppy
10 Roosevelt
11. Suri
12. Zahra
13. Daisy
14. Rose
15. Violet
16. Lilac
17. Azalea
18. Clover
19. Dahlia
20. Gardenia
21. Florence
22. Flora
23. Eliza
24. Lotus
25. Celine (vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi