psikologi

Begini Jadinya Kalau Ayah yang Kasih Nama si Kecil

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 04 Jan 2018 - 09.27 WIB
Begini Jadinya Kalau Ayah yang Kasih Nama si Kecil (Foto: Dhani Irawan/detikcom) Begini Jadinya Kalau Ayah yang Kasih Nama si Kecil (Foto: Dhani Irawan/detikcom)
Jakarta - Siapa, Bun, yang ngasih atau bakal ngasih nama si kecil? Hmm, kalau Bunda menyerahkan urusan nama buah hati sama suami, bisa jadi bakal kayak begini nih, Bun.

Jadi, ada seorang bunda tiga anak yang menceritakan ketika ia membolehkan suaminya menentukan nama untuk putrinya. Pas masih pacaran, Lauren Eberspacher dan suaminya lagi nonton film nih, Bun. Nah, di film yang dibintangi Nicholas Cage dan Angelina Jolie itu, ada mobil mewah yang dikasih nama Eleanor.

"Waktu itu suami saya bilang kalau kita punya anak perempuan, dia mau memberinya nama Eleanor. Padahal, dalam hati saya, saya pengen banget menamai anak saya Nora," kata Lauren dikutup dari Today.

Sampai akhirnya mereka menikah dan punya anak perempuan di bulan Spetember 2012, Lauren dan suaminya memutuskan memberi nama gadis ciliknya itu Eleanor Sue. Eleanor sudah pasti merupakan nama pilihan suami Lauren sedangkan Sue adalah gabungan nama ibu Lauren dan sang suami. Lauren sendiri menganggap bahwa putri kecilnya tetaplah 'Nora'.



Pas Eleanor berumur 3 bulan, Lauren lagi di dapur dan dia melihat suaminya sambil menemani Eleanor lagi nonton ulang film yang dibintangi Nicholas Cage dan Angelina Jolie yang di dalam film itu ada Eleanor si mobil. Saat menuju ke ruang keluarga, Lauren mendengar suaminya ngomong sesuatu dengan berbisik.

'Itulah anak perempuan saya. Dia cantik kan?'. Eh, tapi tahu nggak, Bun? Suami Lauren mengucapkan kalimat seperti itu nggak sambil melihat TV tapi menatap tajam ke si kecil Eleanor yang ada di pangkuannya. Kata Lauren, dia melihat senyum yang berbeda banget di wajah suaminya.

"Saat itu matanya seakan terkunci dengan mata putri kami yang sangat berharga, Eleanor Sue. Dan saya belum pernah melihat dia seperti ini, senyumnya penuh dengan cinta," kata Lauren.

Memang, Bun, nama buat anak kembali lagi pada keputusan masing-masing orang tua. Tapi, seperti kata psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani atau yang akrab disapa Nina, sebelum memilih nama buat anak ada baiknya kita mempertimbangkan arti nama anak. Jangan sampai kita asal suka aja, Bun. Selain itu, pelafalan nama anak juga perlu kita perhatikan, Bun.

"Dengan begitu nama yang kita kasih ke anak nggak asal. Ada doa dan cinta di dalamnya. Kalau cuma asal ngasih nama anak karena suka aja itu alasannya terlalu dangkal ya," tutur Nina.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi