psikologi

Ini Pola Asuh Anak Warisan sang Ibu yang Diterapkan Michelle Obama

Amelia Sewaka 02 Jul 2018
Ini Pola Asuh Anak Warisan sang Ibu yang Diterapkan Michelle Obama/ Foto: Getty Images Ini Pola Asuh Anak Warisan sang Ibu yang Diterapkan Michelle Obama/ Foto: Getty Images
Washington, AS - Bila membicarakan parenting style atau pola pengasuhan pada anak, memang nggak akan ada habisnya deh, Bun. Karena tiap orang tua bisa punya cara yang berbeda-beda dalam mengasuh anaknya dan tidak ada aturan yang saklek mengenai itu. Nah, baru-baru ini mantan ibu negara AS Michelle Obama sedikit berbagi soal pengaruh orang tuanya terhadap bagaimana dia membesarkan putrinya, Sasha dan Malia.

Michelle Obama mengatakan bahwa ibu dan ayahnya, Fraser dan Marian Robinson selalu mendorongnya berpendapat dan meluangkan waktu untuk mendengarkan orang tuanya. Selain itu, orang tua Michelle juga menumbuhkan sebuah solusi yang berbasis mentalitas. Maksudnya Michelle dan kakak lelakinya bisa saja mengeluhkan apapun. Asal, nggak cuma mengeluh tapi juga harus cari tahu solusi atau cara memperbaikinya gimana.


"Orang tua saya memiliki perasaan yang kuat tentang bagaimana caranya mengasuh dan mengajari kami pada usia dini untuk mencari tahu. Mereka memberi tahu kami bahwa sebagai anak-anak, pendapat kami penting," tutur Michelle Obama dilansir Harpers Bazaar.

Nggak cuma soal mengeluarkan pendapat, orang tua Michelle Obama juga meminta Michelle dan kakaknya untuk lebih berkontribusi dalam mencari solusi. Ya, apapun masalah yang dihadapi atau dibuat Michelle dan sang kakak, mereka juga harus jadi orang yang memecahkan solusinya.

"Ketika saya pergi sepanjang hari, saya sering bertanya pada diri sendiri, 'Apakah saya melakukan apa yang diharapkan orang tua saya pada saya?'" kata Michelle Obama.

Berbicara di konferensi tahunan American Library Association di New Orleans, Michelle mengatakan sang ibu lah yang membantu keluarga Obama tetap 'menunduk' dan rendah hati.
Ini Pola Asuh Anak Warisan sang Ibu yang Diterapkan Michelle ObamaBarack Obama bersama keluarga. Foto: Getty Images

"Kami memiliki kepala pelayan dan pembantu rumah tangga ketika di Gedung Putih, tapi ibu saya akan beri tahu mereka untuk tidak menyentuh pakaian dalam cucu dan anaknya. Ia juga yang mengajari anak-anak perempuan saya untuk mencuci pakaiannya sendiri," tutur Michelle Obama.

Selain rendah hati, sang ibu juga mengajarkan Michelle untuk fokus terhadap hal apa yang penting dilakukan.

"Dia juga seperti 'sounding board' saya. Dia akan duduk dan mendengarkan juga bertanya ke saya. 'Menurutmu, apa yang harus kamu lakukan tentang hal itu?'. Kira-kira dia akan berkata begitu ke saya," papar Michelle Obama.
Ini Pola Asuh Anak Warisan sang Ibu yang Diterapkan Michelle ObamaMIchelle Obama bersama putri dan ibunya. Foto: Getty Images
Wah, keren ya Michelle Obama, Bun. Keterbukaan dan menghargai pendapat anak-anaknya patut banget dicontoh dan diacungi jempol. Nggak heran, Sasha dan Malia begitu nurut sama sang ibu. He-he-he. Selain itu, mereka juga anak-anak yang cukup berprestasi lho.

Kalau menurut Bunda, bagaimana pola pengasuhan Michelle Obama ini? Kalau Bunda punya cerita pola asuh keren lainnya, bisa dibagikan ke kolom komentar ya, Bun.
(aml/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi