psikologi

5 Keuntungan si Kecil Jadi Anak Tengah

Amelia Sewaka Selasa, 14 Agu 2018 - 17.53 WIB
5 Keuntungan si Kecil Jadi Anak Tengah/Foto: thinkstock 5 Keuntungan si Kecil Jadi Anak Tengah/Foto: thinkstock
Jakarta - Jadi anak sulung, anak tengah atau bungsu disebut bisa berpengaruh pada individu. Ya, karena disebutkan ada beberapa kelebihan yang dimiliki seseorang ketika jadi anak tengah.

Walaupun masing-masing anak punya kelebihan dan kekurangan dengan karakteristik masing-masing, dikatakan ada beberapa keuntungan ketika seseorang jadi anak tengah nih, Bun. Ini dia 5 keuntungan jadi anak tengah seperti dirangkum HaiBunda dari berbagai sumber:

1. Anak Tengah Lebih Mandiri Seiring Bertambahnya Kepercayaan Diri

5 Keuntungan si Kecil jadi Anak Tengah5 Keuntungan si Kecil jadi Anak Tengah/ Foto: thinkstock

Anak tengah biasanya lebih memiliki banyak kebebasan dan sedikit tekanan dalam pertumbuhannya, karena bukan anak favorit kakek, nenek atau ayah ibu dan hal ini bagus. Menurut Katrin Schumann, penulis 'Kekuatan Rahasia Anak-anak Tengah' kadang anak-anak tengah bisa menyesuaikan diri dengan berbagai hal dalam tumbuh kembangnya sebagai anak-anak. Hal inilah yang menyebabkan mereka mengembangkan lebih banyak kebebasan dan keyakinan.

"Penelitian menunjukkan ketika tumbuh dewasa anak tengah bisa percaya diri dan ini mungkin berhubungan dengan mereka mengakui dan menilai kekuatan bawaan dan mengecilkan kelemahan yang dirasakan. Meski begitu, anak tengah tetap punya ego," kata Katrin.

2. Dapat Pengalaman dari Kakak dan Adik

5 Keuntungan si Kecil jadi Anak Tengah5 Keuntungan si Kecil jadi Anak Tengah/ Foto: Getty Images

Anak tengah bisa mendapat pengalaman dari kakak atau adiknya. Saat bersama sang adik, anak tengah belajar memperhatikan apa yang dilakukan adiknya sampai dia begitu disayang. Ketika anak tengah bersama kakaknya dia juga belajar tentang hal yang belum dia tahu sebelumnya.

Dengan kata lain, anak tengah bisa belajar jadi lebih dewasa ketika mengacu pada kakaknya tapi ketika dia melihat adiknya, anak tengah bisa jadi lebih awet muda, Bun.



3. Mau Kembangkan Kemampuan Lain

5 Keuntungan si Kecil jadi Anak Tengah5 Keuntungan si Kecil jadi Anak Tengah/ Foto: thinkstock

Penelitian yang dilakukan Katrin dan temannya ,Catherine Salmon, menunjukkan anak tengah lebih terbuka pada pengalaman dan bersedia mengembangkan kemampuan lain yang berbeda dari kakak dan adiknya.

Anak tengah juga merupakan orang yang tahu bagaimana bernegosiasi dan berhadapan dengan orang banyak serta pendamai yang terbaik. Bukan nggak mungkin ketika sering melihat kakak adiknya bertengkar anak tengah jadi lebih diplomatis, persuasif dan jadi pendengar yang baik.

Karena nggak banyak dapat perhatian seperti yang didapat kakak dan adiknya, menurut ahli urutan kelahiran anak tengah mampu menyimpan rahasia untuk dirinya sendiri.

4. Lebih Bahagia Saat Berhubungan dengan Orang Lain

5 Keuntungan si Kecil jadi Anak Tengah5 Keuntungan si Kecil jadi Anak Tengah/ Foto: Thinkstock

Penelitian menunjukkan anak-anak tengah sering dicirikan sebagai orang yang setia dan monogami dalam hubungan. Katrin bilang anak tengah bisa jadi teman yang baik. Nggak cuma itu, anak tengah cenderung punya jiwa petualang dan sering merasa puas dan bahagia dengan hubungannya, baik dalam pertemanan maupun romansa.

"Anak tengah dapat banyak keuntungan dari dua dunia persaudaraannya. Dia bisa bertanya banyak hal pada saudara yang lebih tua dan bisa menjadi mentor untuk adiknya yang lebih muda. Karena itu, anak tengah dapat berhubungan baik dengan orang yang lebih tua maupun lebih muda di tempat kerja atau lingkungan. Karena kemampuan anak tengah untuk berempati cukup besar dan membuat anak tengah hebat dalam kerja tim," papar Katrin.

5. Kesuksesan Anak Tengah

5 Keuntungan si Kecil jadi Anak Tengah5 Keuntungan si Kecil jadi Anak Tengah/ Foto: Thinkstock

Tahu nggak, Bun, sekitar 52 persen presiden AS sejak 1787 adalah anak tengah. Tokoh sukses lain yang merupakan anak tengah adalah Bill Gates dan Mark Zuckerberg. Kata Katrin, ketika anak tengah menyadari banyak keterampilan berguna yang mereka kembangkan karena jadi anak tengah, mereka bisa terpacu dan jadi sukses.

Pakar mengklaim anak tengah berhasil karena mereka harus bersaing untuk dapat perhatian dan tidak terbiasa menyerah pada apa yang diinginkan. Jadi si tengah membuat anak 'classic overachiever' di mana dia harus bekerja ekstra untuk dapat perhatian baik oleh orang tua maupun keluarga yang lain.

"Si anak tengah akan belajar mengikuti kakaknya baik dalam bermain atau keterampilan sehari-hari. Tapi lebih baik dari kakaknya. Namun anak tengah juga bisa membantu mengurus adiknya," tambah Katrin.

Meski begitu, satu hal yang patut diingat orang tua adalah semua anak unik dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga yuk perlakukan anak dengan adik sesuai dengan kebutuhannya dan jangan pernah bandingkan anak dengan kakak atau adiknya ya, Bun.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi