sign up SIGN UP search


parenting

20 Perbuatan Orang Tua yang Tanpa Disadari Menyakiti Hati Anak, Hindari ya Bun

Amira Salsabila   |   Haibunda Sabtu, 02 Apr 2022 16:57 WIB
Worried little girl hugs her mom on the first day of school. A school bus is in the background. caption

Jakarta - Bunda, anak-anak adalah makhluk yang tidak bersalah. Mereka hanya menginginkan perhatian serta kasih sayang dari Bunda dan Ayah. Hampir semua orang tua pun pastinya memiliki niat baik dan tulus melakukan segalanya demi kebaikan anak-anak mereka.

Namun, terkadang, terlepas dari niat baik Bunda, ada sikap yang akhirnya bisa menyakiti hati anak-anak secara emosional dan memengaruhi perkembangan psikologis mereka.

Mungkin saja, selama mengasuh Si Kecil, Bunda atau Ayah tidak sadar telah mana menyakiti hati anak dengan ucapan atau mungkin perbuatan orang tua kepada mereka.


Agar terhindar dari hal tersebut, berikut ini adalah 20 perbuatan orang tua yang tanpa disadari telah menyakiti anak. Simak berikut ini, ya Bunda.

1. Enggan bicara dengan anak

Melansir dari laman The Health, tidak sedikit orang tua yang memilih untuk diam sebagai hukuman atau kesalahan atas anak-anak mereka. Namun, tanpa Bunda sadari perbuatan orang tua ini bisa menyakiti hati mereka, lho Bunda. Tidak berkomunikasi dan memilih diam saja bukanlah solusi yang tepat, ya Bunda.

2. Tidak menjadi contoh yang baik

Sikap menyakiti anak selanjutnya adalah tidak memberikan anak-anak contoh yang baik. Jika Bunda ingin berbuat baik, ingatlah bahwa mereka mengawasi apa saja yang dilakukan oleh orang tua. Anak-anak adalah peniru yang ulung, mereka akan meniru sikap atau perilaku orang tua.

3. Memberi label pada anak

Terkadang orang tua tidak menyadari sudah sejauh mana mereka dapat membahayakan jiwa sensitif anak. Jika Bunda sebagai orang tua melabeli anak dengan sebutan yang cukup kejam, seperti 'Anak Gendut' atau 'Anak Bandel' bisa membuat anak-anak merasa sakit hati.

4. Tidak mengingatkan anak

Penting untuk memberi anak peringatan yang adil sebelum Bunda mengambil hukuman apa pun. Tanpa disadari mungkin secara terus-menerus Si Kecil akan hidup dalam ketakutan untuk menimbulkan kemarahan Bunda. Bersikap baiklah kepada Si Kecil dan hukum ia hanya jika mengulangi perlakuan buruknya, ya Bunda.

5. Terlalu banyak mengontrol

Setiap orang tua tentunya ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anak mereka. Tidak sedikit juga orang tua yang mengontrol ingin anak-anak mereka menjalani hidup sesuai dengan kemauan orang tua. Tanpa disadari perbuatan orang tua yang satu ini bisa menyakiti hati anak karena mungkin mereka merasa tertekan dengan hal ini.

Banner Nama Bayi Islami Bahasa SansekertaBanner Nama Bayi Islami Bahasa Sansekerta/ Foto: HaiBunda/Novita Rizki

6. Menghina anak di depan umum

Sikap menyakiti anak yang satu ini juga bukan rahasia umum lagi, ya Bunda. Menghina anak di depan umum sudah pasti akan menyakiti hati mereka. Sebaiknya Bunda menghindari sikap ini karena bisa merusak psikologis anak juga, lho Bunda.

7. Membanding-bandingkan anak dengan saudara kandungnya

Membandingkan Si Kecil dengan orang lain adalah salah satu sikap yang menyakiti anak. Siapa yang tidak sakit hati jika dibanding-bandingkan dengan seseorang? Tentu saja perbuatan orang tua yang satu ini juga bisa menyakiti hati anak. Melansir dari laman Women Now, membandingkan anak dengan saudara kadung yang lain adalah ciri pola asuh yang buruk.

8. Selalu menyalahkan anak

Apakah Bunda salah satu orang tua yang selalu menyalahkan Si Kecil? Menyalahkan Si Kecil untuk semuanya bukanlah cara yang tepat untuk menegurnya, tetapi hal itu akan menurunkan harga dirinya dan menyakiti hatinya.

9. Berharap terlalu banyak dari anak

Menahan diri dari melakukan kesalahan dapat membebani anak dengan harapan yang tidak realistis. Tidak apa-apa jika Si Kecil tidak mendapatkan nilai sempurna dalam ujiannya. Perlu diingat bahwa di dunia ini tidak ada orang yang sempurna, ya Bunda. Setiap orang memiliki kecepatan belajar yang berbeda-beda yang perlu di jaga.

10. Tidak meluangkan cukup waktu bersama anak

Walaupun Bunda memiliki pekerjaan yang cukup banyak, bukan berarti bisa mengabaikan anak-anak begitu saja, ya Bunda. Dukungan emosional dari orang tua selama bertahun-tahun dapat membantu dalam pembentukan anak menjadi lebih kuat secara emosional. Dengan tidak menghabiskan waktu berkualitas dengannya, Bunda akan memperburuk hubungan dengan Si Kecil.

Lanjut ke halaman berikutnya yuk Bunda.

Simak juga video tentang 3 hal yang perlu diajarkan ke anak agar ia menjadi pribadi santun.

[Gambas:Video Haibunda]



MENYEBUTNYA BEBAN HINGGA MEMINTA UNTUK TIDAK MENANGIS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!