psikologi

4 Makna Kemerdekaan yang Bisa Diajarkan ke Anak

Amelia Sewaka Jumat, 17 Agu 2018 - 16.04 WIB
4 Makna Kemerdekaan yang Bisa Diajarkan ke Anak Foto: instagram 4 Makna Kemerdekaan yang Bisa Diajarkan ke Anak Foto: instagram
Jakarta - Memperingati HUT ke-73 Republik Indonesia, masing-masing orang punya harapan begitu juga orang tua terhadap anaknya. Karena itu, sebelum orang tua menaruh harapan ke si kecil, ada baiknya kita jelasin dulu yuk apa makna kemerdekaan itu.

Psikolog pendidikan, Orissa Anggita Rinjani, mengatakan anak usia sekolah dasar dan sekolah menengah pertama kemampuan kognitifnya sudah berkembang. Mereka bisa diajak diskusi tentang arti kemerdekaan secara lebih mendalam, nggak cuma kemeriahan lomba 17 Agustusan atau pawai merah putih.



Nah, apa saja makna kemerdekaan yang bisa kita diskusikan dengan anak? Berikut penjelasannya.

1. Makna Merdeka

Kita bisa jelaskan ke anak bahwa merdeka itu bebas mendapat hak dan menentukan pilihan sendiri tanpa campur tangan pihak lain. Tapi ada perbedaan nih. Merdeka di zaman perjuangan adalah berperang melawan penjajahan sedangkan merdeka saat ini bentuknya beda.

"Kalau merdeka sebagai anak atau murid bisa dikaitkan dengan kebebasan menentukan cita-cita tanpa paksaan dari orang tua," papar psikolog yang biasa disapa Ori ini saat ngobrol dengan HaiBunda.



2. Menumbuhkan Cinta Tanah Air

Kita bisa sebutkan dan jelaskan, Bun, apa saja sih keunikan dan kekayaan Indonesia. Misal, kita punya berbagai macam adat istiadat, ras, suku, dan budaya di Indonesia ini. Tanah Indonesia juga kaya dengan berbagai macam bentukan alamnya, termasuk banyak gunung, sawah, dan pemandangan alam lain yang terhampar luas di negeri ini.

3. Membedah Arti Lagu-lagu Kebangsaan

Kalau dirasa terlalu berat untuk membedah arti lagu, kita bisa kok mulai dengan memainkan dan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan Indonesia. Sambil mengenalkan lagu, kita bisa deh membedah arti lagu tersebut di saat si kecil sudah menikmati lagu-lagunya.

Hal ini secara nggak langsung bisa mengajarkan pada anak apa sih makna kemerdekaan.



4. Membahas Tentang Kepahlawanan

Ori bilang jelaskan ke si kecil tentang makna kepahlawanan yaitu mengorbankan diri untuk kepentingan orang lain. Pahlawan zaman dulu mengorbankan diri berjuang agar Indonesia bisa merdeka. Kalau sekarang, apa yang bisa kita lakukan untuk negara kita dan bagaimana bentuknya menjadi pahlawan negara?

"Kita bisa jelaskan itu dapat dilakukan dengan belajar sebaik-baiknya di bidang yang diminati dan menjadi wakil negara, misal menjadi atlet nasional dan bertanding di Asian Games dan semacamnya," tutur Ori.

Nah, di momen 17 Agustus ini, jangan ketinggalan mengikuti pawai digital ya, Bun. Dalam pawai digital, Bunda berkesempatan memenangkan berbagai hadiah menarik lho. 17 Hadiah yang akan dibagikan di pawai digital 17an adalah sebagai berikut:

⁃ 4 iPhone X
⁃ 1 Smartphone Motorola E3 Power
⁃ 1 Headset Audio Technica
⁃ 2 Tea Set
⁃ 2 Voucher Belanja Senilai 500 Ribu Rupiah
⁃ 7 Paket Merchandise detikNetwork

Bunda berkesempatan mendapatkan hadiah jika berhasil menangkap sosok perusuh di pawai digital. Ini dia, sosok perusuhnya.

Sosok perusuh yang harus ditangkap/Sosok perusuh yang harus ditangkap/ Foto: detikcom network


Pawai digital akan hadir 17 Agustus 2018, lewat 8 kali di jam dan website berikut:
- Pada jam 11.00 WIB di.detik.com
- Pada jam 13.00 WIB di CNNIndonesia.com
- Pada jam 14.00 WIB di Haibunda.com
- Pada jam 15.00 WIB di CNBCIndonesia.com
- Pada jam 16.00 WIB di detik.com
- Pada jam 17.00 WIB di CNNIndonesia.com
- Pada jam 18.00 WIB di Haibunda.com
- Pada jam 19.00 WIB di CNBCIndonesia.com

Artikel selengkapnya tentang pawai digital dan hadiahnya bisa disimak di sini. (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi