psikologi

8 Tips Melatih Kemandirian Anak (1)

Siti Hafadzoh Senin, 24 Sep 2018 - 15.08 WIB
Tips Melatih Kemandirian Anak / Foto: iStock Tips Melatih Kemandirian Anak / Foto: iStock
Jakarta - Bunda pasti bangga memiliki anak yang mandiri. Anak tidak akan mandiri dengan sendirinya. Bunda perlu mendidik kemandirian si kecil sejak dini. Sehingga, ketika beranjak dewasa, anak dapat menyelesaikan masalah dan pekerjaannya sendiri.

Psikolog Jim Taylor, Ph.D dalam Psychology Today mengatakan, "Kemandirian bukanlah suatu yang diperoleh anak dengan sendirinya. Mereka tidak memiliki perspektif, pengalaman, dan kemampuan untuk mengembangkannya sendiri. Sebaliknya, orang tua yang harus memberikannya sebagai hadiah yang akan bermanfaat bagi hidup mereka."

Dilansir Parents, berikut 8 cara yang bisa Bunda lakukan untuk menanamkan kemandirian kepada si kecil.

1. Luangkan Waktu

Tips Melatih Kemandirian AnakTips Melatih Kemandirian Anak /Foto: thinkstock
Mengajarkan kemandirian pada anak bukanlah hal yang instan. Bunda membutuhkan waktu yang cukup lama nih untuk menanamkan kemandirian. Berikan tugas atau pekerjaan rumah kepada anak secara bertahap dan berkala. Misalnya, meminta si adik membereskan mainan, sedangkan kakaknya membereskan tempat tidur.

2. Beri Pujian

Ketika mereka telah menyelesaikan tugas, Bunda perlu memberikan apresiasi kepada si kecil. Meskipun hasil pekerjaan mereka tidak terlalu baik, Bunda tetap harus memberi pujian pada kerja keras anak. Tujuannya agar anak terdorong untuk berusaha lebih baik lagi.

3. Berikan Pilihan

Tips Melatih Kemandirian AnakTips Melatih Kemandirian Anak/ Foto: Thinkstock
Dapat menentukan pilihan sendiri merupakan suatu kemandirian. Menurut Laura Olson, mantan guru dan wakil pemimpin Education for Kiddie Academy, orang tua perlu memberikan pertanyaan tertutup kepada anak agar mereka dapat menentukan pilihan tapi orang tua tetap mengontrol pilihan tersebut.

Contohnya, ketika akan memakai baju, Bunda memberikan pilihan kepada si kecil, "Mau pakai baju yang warna biru atau hijau?"

4. Menunda Bantuan

Selama si kecil bisa melakukannya sendiri, jangan dulu dibantu ya, Bun. Biarkan mereka menyelesaikan pekerjaannya sendiri, seperti memakai kaos kaki, memakai baju. Jika si kecil tidak bisa menyelesaikannya sendiri, Bunda boleh kok memberikan sedikit bantuan. (ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi