psikologi

8 Tips Melatih Kemandirian Anak (2)

SIti Hafadzoh 24 Sep 2018
Tips Melatih Kemandirian Anak/ Foto: thinkstock Tips Melatih Kemandirian Anak/ Foto: thinkstock
Jakarta - Bunda pasti tahu betapa pentingnya menanamkan kemandirian pada anak. Si kecil perlu dilatih sejak dini agar kelak mereka tidak lagi bergantung pada orang lain. Nah, kemandirian pada anak bisa dilatih dengan hal-hal sederhana kok, Bun.

"Jika si kecil adalah anak yang mandiri, orang tua bisa yakin mereka sanggup dan mampu merawat diri sendiri. Ayah dan ibu membimbing mereka untuk menemukan kegiatan yang bermakna dan menyenangkan. Nah, memberi kebebasan pada anak untuk menjalani hidup adalah pelajaran penting bagi anak," ujar psikolog, Jim Taylor, Ph.D dalam Psychology Today.

Dilansir Parents, berikut beberapa cara yang bisa Bunda ikuti untuk menanamkan kemandirian pada si kecil.

1. Buatlah Lingkungan yang Ramah Anak

Dengan menyimpan perabotan seperti gelas, piring, dan sendok di tempat yang bisa dijangkau oleh anak, mereka bisa menyiapkan makan mereka sendiri. Tentunya, alat makan untuk anak juga terbuat dari bahan yang aman seperti piring dan gelas plastik.

Tips Melatih Kemandirian AnakTips Melatih Kemandirian Anak /Foto: thinkstock
2. Beri Arahan

Daripada memberitahu apa yang harus mereka lakukan, lebih baik Bunda meminta si kecil memberi tahu apa yang ingin mereka lakukan sebagai tantangan bagi mereka sendiri. Tentunya, Bunda boleh memberikan sedikit bantuan jika mereka menghadapi kesulitan.

3. Temukan Sisi Positif dari Kesalahan

Kalau si kecil melakukan kesalahan dalam mengerjakan tugasnya, jangan dimarahi ya, Bun. Jangan membuat anak jadi takut akan kesalahan. Daripada Bunda memarahinya, lebih baik mengajaknya mencari cara lain untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.

Tips Melatih Kemandirian AnakTips Melatih Kemandirian Anak/ Foto: thinkstock

4. Ingat, Tidak Ada yang Sempurna


Jangan pernah berharap anak akan menyelesaikan pekerjaan dengan sempurna ya, Bun. Namanya juga anak sedang belajar, wajar saja kan kalau mereka melakukan kesalahan. Menyalahkan si kecil akan menurunkan kepercayaan dirinya.


[Gambas:Video 20detik]

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi