psikologi

Bunda Perlu Tahu, 5 Cara Membentuk Karakter Anak Sejak Dini

Annisa Karnesyia Kamis, 07 Feb 2019 - 20.55 WIB
Bunda Perlu Tahu, 5 Cara Membentuk Karakter Anak Sejak Dini/ Foto: istock Bunda Perlu Tahu, 5 Cara Membentuk Karakter Anak Sejak Dini/ Foto: istock
Jakarta - Masa tumbuh kembang anak, menjadi fase yang sangat penting untuk diperhatikan ya, Bun. Selain nutrisi dan stimulasi, ada satu hal lagi yang gak kalah penting lho.

Menurut Ratih Ibramim, psikolog dan Board of Expert Dancow Parenting Center, anak butuh eksplorasi untuk mengembangkan bakatnya. Cara tersebut dapat membuat ruang belajar anak jadi lebih luas. Sehingga mempengaruhi motorik skill, yang membuat anak menjadi lebih percaya diri.

Nah, peran orang tua saat itu adalah memberikan dorongan dengan cinta agar anak berani mengeksplor, Bun.

"Kebanyakan ibu karena terlalu sayang dengan anaknya, selalu melarang anak untuk mencoba sesuatu yang baru. Sebaiknya tidak begitu," ujar Ratih saat acara Peluncuran Gerakan '1 Juta Iya Boleh' Dancow Advanced Excelnutri+ di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta (7/2/).



Menurutnya, membebaskan dan memberi kepercayaan pada anak dalam mencoba hal baru menjadi bentuk kasih sayang yang paling tepat. Namun tetap harus dalam pengawasan, agar tidak membahayakan mereka ya.

Bunda bisa menerapkan konsep 'Iya boleh' saat anak sudah mulai bisa diajak berkomunikasi. Tapi yang paling penting, Bunda harus memahami tahapan tumbuh kembang anak sesuai usia ya, Bun. Biar nantinya, Bunda juga tahu cara menghadapi anak dan memilih jenis permainan yang sesuai dengan usianya.

Sebelum menerapkan konsep 'Iya boleh' ini, Bunda juga perlu mengembangkan lima karakter penting pada anak sejak usia dini, diantaranya sebagai berikuti:

1. Berani
Bunda bisa ajak anak untuk berinteraksi dengan lingkungan atau alam terbuka, sehingga keberanian dan kepercayaan diri bisa muncul. Selain itu bisa menciptakan ruang stimulasi awal yang baik untuk perkembangan. Bunda juga harus mendampingi ya. Kalau bisa, ibu sempatkan untuk berpartisipasi dalam setiap kegiatan bermain anak.

2. Cerdas
Jika ruang stimulasi sudah terbuka luas, anak akan tumbuh lebih cerdas karena aspek kognitifnya dapat terstimulasi. Bunda bisa ajak anak untuk bermain balok susun untuk membentuk karakter ini.

3. Kreatif
Jika anak terus mencoba hal baru dan bereksplorasi, anak pasti akan tumbuh kreatif, Bun. Menggambar atau bermain cap tangan bisa Bunda coba lakukan agar anak kreatif.

4. Peduli
Bunda bisa memelihara binatang yang aman bagi anak karena rasa sayang yang diberikan pada binatang peliharaan bisa menimbulkan rasa peduli lho, Bunda.

5. Pemimpin
Jika rasa peduli sudah tercipta, diharapkan akan menumbuhkan sikap kepemimpinan. Untuk itu Bunda perlu mengajarkan kedisiplinan dan kemandirian bagi anak. Contohnya ajak anak merapihkan mainannya, Bun.

Menurut Ratih, penting sekali jika orang tua terlibat dalam pembentukan semua karakter tersebut.

"Jangan pernah lupa berikan rasa cinta. Perasaan cinta yang orang tua berikan bisa membantu terbentuknya lima karakter itu," tutup Ratih.

(ank/rap)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi