Sign Up search


trending

5 Fakta Sudjiatmi, Ibunda Jokowi yang Wafat di Usia 77 Tahun

Kurnia Yustiana Kamis, 26 Mar 2020 09:27 WIB
5 Fakta Sudjiatmi, Ibunda Jokowi yang Wafat di Usia 77 Tahun caption
Jakarta - Ibunda Presiden Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo, tutup usia. Ia meninggal pada Rabu (25/3/2020) pukul 16.45 WIB, di usia 77 tahun.

Sudjiatmi Notomihardjo meninggal di Solo. Belum diketahui seperti apa kondisi ibunda Presiden Jokowi sebelum meninggal dunia. Begitu pula penyakit yang dideritanya.




Semasa hidupnya, Sudjiatmi Notomihardjo pernah mengembangkan usaha kayu bersama suaminya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini deretan fakta ibunda Jokowi:

1. Lahir di Boyolali

Sudjiatmi Notomihardjo lahir di Boyolali tanggal 15 Februari 1943. Ia merupakan anak dari pasangan Wirorejo dan Sani. Kedua orangtua Sudjiatmi merupakan pedagang kayu di Kecamatan Ngemplak, Boyolali.

2. Menikah di usia muda

Pada 23 Agustus 1959, Sudjiatmi resmi menikah. Wanita ini dipersunting oleh Noto Mihardjo, seorang pedagang kayu asal Solo.

Sudjiatmi menikah di usia yang terbilang muda, 16 tahun. Kala itu, wanita yang berusia 16 tahun sudah jamak menikah.

5 Fakta Sudjiatmi, Ibunda Jokowi yang Wafat di Usia 77 TahunIbunda Jokowi meninggal dunia/ Foto: dok. detikcom

3. Mempunyai 4 anak

Dari pernikahannya dengan Noto Mihardjo, Sudjiatmi dikaruniai 4 orang anak. Keempatnya adalah Joko Widodo, Iit Sriyantini, Titik Relawati dan Ida Yati.

4. Menjadi pengusaha bersama suami

Setelah menikah, Sudjiatmi giat membantu suami dalam usaha berdagang kayu. Suaminya mencari kayu, sedangkan dia mengurus perusahaan.

5. Mendidik Jokowi dengan nilai-nilai yang ditanamkan sejak kecil

Sudjiatmi mendidik anak dengan nilai-nilai yang baik sejak kecil. Kepada Jokowi misalnya, ia selalu mengingatkan untuk menjadi pribadi jujur dan bekerja keras.

"Dari kecil saya tanamkan, bila besok sudah besar, mau kerja apa boleh terserah pilihanmu sendiri tapi harus dipegang, jujur dan mau kerja keras. Itu yg saya tanamkan sejak dulu," ujar Sudjiatmi kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Simak video Aldila Indra Bekti kenang almarhum anak ketiga:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/jue)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi