sign up SIGN UP search


trending

Kena Kanker Serviks di Usia 73, Titiek Puspa Lakukan Meditasi 13 Hari

Asri Ediyati Selasa, 21 Apr 2020 15:04 WIB
Artis senior Titiek Puspa di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di daerah Jakarta Timur, Kamis, (22/10/2015). RPTRA ini bisa dijadikan tempat berkumpul bagi warga setempat. Alfathir Yulianda/detikcom. caption
Jakarta - Tak disangka-sangka, penyanyi senior Titiek Puspa yang terlihat sehat rupanya dahulu sempat mengidap kanker. Ya, ia membagikan pengalamannya ini di podcast Deddy Corbuzier #closethedoor pada Minggu (19/4/2020). Penyanyi yang kini berusia 82 tahun itu pernah mengidap kanker serviks.

Titiek Puspa didiagnosis terkena kanker serviks di usia 73 tahun. Saat itu, anak perempuannya membujuknya untuk tes PAP Smear. Awalnya menolak lalu akhirnya mencoba. Begitu dinyatakan positif, awalnya sempat pasrah lantaran keluarganya memang punya riwayat sakit kanker.


Namun, Titiek Puspa kembali merenungkan dan memutuskan untuk berobat ke Singapura. Selama 2,5 bulan, ia berobat dan menjalani kemoterapi. Sayangnya, hasilnya tidak sesuai harapan.

"2,5 bulan tapi enggak ada hasilnya, dari 1,5 kok lanjut ke 3 (stadium 3). Aku komplain!" kata Titiek Puspa.

Tak mau diam, Titiek Puspa pun pulang ke Jakarta untuk mencari jalan lain. Sampai di Jakarta, akhirnya anak perempuannya memberitahu dirinya kalau ia punya kenalan seorang guru meditasi. Tak berpikir panjang, Titiek Puspa langsung menelepon dan ingin segera melakukannya.

"Saya lakukan satu jam meditasi, kakinya dilipat tangan di atas paha, matanya dipejamkan, napas yang halus saja, lalu lidahnya dilipat sampai ke belakang," kata Titiek Puspa.
Titiek PuspaTitiek Puspa/ Foto: Titiek Puspa (Hanif/detikHOT)

Dalam sehari, Titiek Puspa meditasi selama lima jam namun berjeda. Ia melakukan meditasi tersebut selama 13 hari. Setelah meditasi, rupanya Titiek Puspa mengalami keajaiban.

"Kok rasanya seperti terbang ya? Saya tanya ke dia (guru meditasi). 'Oh itu tandanya sudah sembuh'. Sembuh dari Hong Kong!" ujar Titiek Puspa.

Tak percaya dan ingin konfirmasi dari dokter, ia pun kembali lagi ke Singapura untuk memeriksa. Hasil tes Titiek Puspa rupanya bikin pihak dokter terheran-heran mengapa bisa kembali sehat dan bersih dari kanker.

Meski dinyatakan clean, Titiek pun tak mau langsung percaya diri sembuh, ia rutin melakukan pemeriksaan tiap tiga bulan sekali.

Simak juga dampak berbahaya akibat kosmetik oplosan:

[Gambas:Video Haibunda]






(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi