sign up SIGN UP search


trending

Cerita Lucu & Reaksi Keluarga Wanita Korea Gelar Pernikahan 4 Hari di Bali

Asri Ediyati Sabtu, 16 May 2020 12:33 WIB
Pasangan wanita Korea dan pria Bali caption
Jakarta -

Tentu banyak cerita dan pengalaman seru ketika pasangan beda budaya menikah. Seperti pasangan Korea-Indonesia yang menikah di Bali, Kim Soomin dan Yogi. Keduanya membagikan pengalaman mereka melalui YouTube.

Kim Soomin adalah wanita Korea yang sudah beberapa tahun tinggal di Bali. Ia belajar di Universitas Udayana. Pada Oktober 2019 lalu, Kim Soomin menikah dengan seorang pria asli Bali, Candra Yogiswara yang akrab disapa Yogi.

Menikah dengan adat Bali selama empat hari rupanya membuat Kim Soomin mengalami culture shock. Fisiknya juga terkuras lantaran harus berganti kostum pernikahan dan ikuti prosesi.


Ada cerita lucu saat persiapan pernikahan, Bunda. Seperti yang kita tahu, make up orang Korea tidak terlalu tebal dan cenderung flawless. Berbeda dengan make up pernikahan ala Indonesia, tebal agar bisa bertahan lama sepanjang acara.

Saat sesi make up untuk prewedding tradisional Bali pun Soomin agak kaget ketika suaminya dahulu yang dirias wajahnya. Ia makin kaget ketika melihat suaminya diberi riasan mata. Benar-benar pengalaman baru bagi Soomin.

"Make upnya kuat, cantik," kata Soomin memuji Yogi, seperti dikutip (16/5/2020).

Wanita Korea Menikah dengan Pria BaliWanita Korea Menikah dengan Pria Bali/ Foto: Instagram

"Saya mendapat make up dulu pada gaya Korea pre-wedding kemarin karena make up cewek lebih lama dari cowok. Tapi sekarang cowok saya di-make up dulu karena mungkin dia akan make up lebih kuat?" ujarnya.

Pertama kali make up ala pernikahan Indonesia, Soomin merasa aneh. Baginya make up-nya membuatnya terlihat galak, dan mau tak mau ia harus sering tersenyum. Ia juga mengaku belum pernah memakai bulu mata palsu yang tebal dan besar.

Terlepas dari persiapan pernikahan, saat hari H, Soomin pun menyiapkan tenaga karena acara hari pertama digelar dari jam 10.30 WITA hingga malam hari. Banyak tamu dari keluarga dan desa tempat tinggal suaminya.

Kemudian, Soomin harus bangun jam 3 pagi untuk bersiap didandani lagi keesokan harinya. Namun, Soomin beruntung, keluarga yang datang dari Korea setia menunggu selama ia didandani. Ibu dan iparnya juga sudah berkebaya sejak dini hari.

"Keluarga saya tadi mengikuti saya bersama untuk make up. Sekarang ibu saya tidur dan adik saya juga tidur. Tadi semua bangun jam 2 pagi, tapi cuma ada satu yang kuat, ipar saya," kata Soomin.

"Eonni, saya akan semangat!" balas adik iparnya.

Selama prosesi keluarga Soomin tampak sangat kooperatif dan mengikuti acara pernikahan hingga selesai. Mereka juga menikmati berbagai jamuan yang dihidangkan di pesta. Walaupun menguras tenaga, keluarga Soomin tampak berbahagia bersama kedua mempelai.

Simak juga tips rumah tangga harmonis ala Ivy Batuta dan suami:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi