sign up SIGN UP search


trending

Gelar Pernikahan 4 Hari, Ini Awal Kisah Wanita Korea Bertemu Pria Bali

Asri Ediyati   |   Haibunda Sabtu, 16 May 2020 20:49 WIB
Wanita Korea Menikah dengan Pria Bali caption
Jakarta -

Pernikahan beda budaya tentu menjadi tantangan sendiri bagi pasangan suami istri. Seperti pasangan Korea-Indonesia yang menikah di Bali, Kim Soomin dan Yogi.

Kim Soomin adalah wanita Korea yang sudah beberapa tahun tinggal di Bali. Ia belajar di Universitas Udayana dan belum lama ini mencoba menjadi YouTuber. Pada Oktober 2019 lalu, Kim Soomin menikah dengan seorang pria asli Bali, Candra Yogiswara yang akrab disapa Yogi.

Sebelum menikah, keduanya pun menceritakan kisah pertemuan mereka. Diceritakan Soomin, ia berkenalan dengan Yogi melalui temannya. Yogi yang kini menjadi dokter residen di anestesiologi dan terapi intensif itu awalnya melihat foto Soomin di Instagram temannya.


"Lalu (dia) hubungi saya dengan Direct Message (DM)," kata Soomin dalam video YouTube-nya, dikutip (16/5/2020).

Saat pertama kali bertemu Soomin belum memiliki perasaan. Hanya saja ia merasa Yogi adalah pria baik-baik.

"Waktu itu kami nongkrong bareng, lalu kami jadi dekat bersama karena sering nongkrong dan dia mengikuti saya di mana saja lalu bilang suka saya. Kemudian kami sampai sekarang," ujarnya.

Sementara itu, saat sudah menjalin hubungan, rupanya teman-teman Soomin tak menyukai Yogi. Mereka khawatir Soomin bakal sulit memahami budaya Indonesia.

Pasangan wanita Korea dan pria BaliPasangan wanita Korea dan pria Bali/ Foto: Instagram/stay0liveonce

"Sejujurnya teman-teman saya tidak terlalu suka. Pertama kali kenal tidak suka karena saya pacaran dengan orang asing. Pasti tidak mengerti keduanya," kata Soomin.

"Teman-teman kurang tahu tentang gaya orang Indonesia, saya juga. Tapi sekarang semua teman-teman sudah menyukai pacar saya karena banyak teman-teman sudah ketemu bersama di Bali. Mereka sudah mengerti dia benar-benar berhati baik dan pintar," sambungnya.

Untuk urusan komunikasi, Soomin dan Yogi menggunakan Bahasa Indonesia. "Biasanya kami ngobrol pakai Bahasa Indonesia, tapi saya masih belum lancar bahasanya seperti orang Indonesia. Jadi Bahasa Indonesia dulu kalau tidak mengerti, bicara Bahasa Inggris," jelas Soomin.

Sebaliknya, keduanya tidak menggunakan Bahasa Korea saat berkomunikasi sehari-hari karena Yogi tidak mengerti. Setelah menikah, keduanya kini tinggal di Bali. Soomin mengatakan, kemungkinan pulang kampung ke Korea satu tahun sekali. Soomin juga belum kepikiran untuk tinggal diĀ Korea bersama Yogi.

Simak juga tips harmonis Ivy Batuta dan suami melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/jue)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!