sign up SIGN UP search


trending

Pernikahan Gadis Korsel dan Pria Korut Jadi Nyata, Kisahnya Bikin Haru

Kurnia Yustiana Rabu, 20 May 2020 22:17 WIB
Ilusttrasi menikah caption
Jakarta -

Korea Selatan dan Korea Utara menjadi dua kubu yang berlawanan. Dua negara ini masih belum berdamai.

Namun rupanya hal tersebut tak menjadi penghalang bagi warganya untuk saling mencinta. Seperti kisah cinta Juyeon, wanita Korea Selatan,  dengan Joseph yang berasal dari Korea Utara.

Dilansir Next Shark, Rabu (20/5/2020), Joseph yang sebelumnya bernama Chui membelot dari tanah kelahirannya, Korea Utara, pada 1999. Dia melarikan diri ke China.


Memasuki tahun 2003, Joseph mencari suaka di Korea Selatan dan memutuskan membangun kehidupan baru di Seoul. Demi bertahan hidup, Joseph mencari uang dengan membuka kafe.

Kafenya cukup sukses dengan sejumlah cabang. Ia pun banyak mempekerjakan orang-orang yang datang Korea Utara seperti dirinya.

Suatu ketika, Joseph bertemu dengan seorang wanita yang membuat hatinya berdesir. Itulah momen pertama Joseph bertemu Juyeon, wanita yang kelak menjadi istrinya.

IlusttrasiIlusttrasi/ Foto: Thinkstock

Dari pertemuan di lorong sebuah bank, ternyata keduanya sama-sama jatuh cinta pada pandangan pertama. Mereka saling cinta hingga memutuskan menikah.

Namun percintaan mereka tak melulu berjalan mulus. Hubungan Juyeon dengan pria Korea Utara ini tak disetujui teman-temannya. Mereka meminta Juyeon untuk mencari pria Korea Selatan saja.

Walau begitu, Juyeon tetap teguh pada pendiriannya. Dia sudah yakin ingin menikah dengan lelaki dari Korea Utara itu.

"Saya mencintainya, saya ingin membangun keluarga dan punya 3 anak bersamanya. Saya tidak menyerah," kata Juyeon.

Rencana pernikahan tetap berlanjut. Dua sejoli ini lalu melakukan foto prewedding di perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan, tepatnya di Imjingak Peace Park. Mereka menggantungkan pita di pagarnya sebagai simbol harapan perdamaian kedua negara.

Joseph dan Juyeon kemudian resmi melangsungkan pernikahan beberapa tahun lalu. Mereka hidup bahagia bersama di Korea Selatan.

Dikutip dari Guardian, stigma negatif tentang perempuan Korea Selatan yang menikah dengan pria Korea Utara memang masih merebak. Warga Korsel disebut masih curiga dengan Korea Utara. Mereka memiliki pandangan bahwa orang Korut itu tidak baik.

Dalam jajak pendapat yang diadakan perusahaan Bien-Aller pada 2014, menunjukkan bahwa 84 persen wanita Korsel memandang negatif pernikahan dengan pria Korut. Sedangkan 69 persen pria Korsel justru menunjukkan reaksi positif terhadap pernikahan dengan wanita Korut.

Simak juga video perceraian menjadi pelajaran hidup terberat bagi Enno Lerian:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi