sign up SIGN UP search


trending

Doa Akhir Ramadhan agar Kita Bisa Bertemu di Bulan Suci Tahun Depan

Asri Ediyati Sabtu, 23 May 2020 17:02 WIB
Doa Akhir Ramadhan agar Kita Bisa Bertemu di Bulan Suci Tahun Depan Doa Akhir Ramadhan agar Kita Bisa Bertemu di Bulan Suci Tahun Depan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Tabitazn
Jakarta -

Tak terasa kini kita sedang berada di penghujung bulan Ramadhan. Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, aktivitas di Ramadhan di tahun ini sedikit berbeda lantaran adanya pandemi Corona. Meski demikian, bulan Ramadhan tetaplah bulan yang istimewa yang selalu dirindukan seluruh umat muslim.

Kita sebagai umat muslim pun berharap akan dipertemukan lagi dengan bulan suci ini di tahun berikutnya. Ada pun doa yang bisa kita baca di penghujung Ramadhan sebagai berikut:

"Allôhumm lâ taj'alhu âkhirol 'ahdi min shiyâminâ iyyâhu, fa'in ja'altahu faj'alnî marhûman, wa lâ taj'alnî mahrûman."


Artinya: "Ya Allah, janganlah Engkau jadikan bulan Ramadhan ini Bulan Ramadhan terakhir dalam hidupku. Jika Engkau menjadikannya sebagai Ramadan terakhir bagiku, maka jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi & jangan jadikan aku orang yang Engkau murkai."

Menurut dosen UIN Ayang Utriza Yakin lewat media sosialnya, doa ini dibaca di hari akhir Ramadhan sebagaimana yang diajarkan ulama.

Mengutip dari buku Mafatih Al Jinan Jilid 2 yang ditulis oleh Syaikh Abbas Al Qummi, ulama yang dimaksud adalah Sayid Ibnu Thawus dan Syekh Shaduq ra.

Keduanya meriwayatkan dari Jabir bin Abdillah Anshaari ra bahwa ia berkata, "Aku pernah bertamu ke rumah Rasulullah pada malam terakhir Jumat terakhir bulan Ramadhan. Ketika melihatku, beliau berkata, 'Wahai Jabir, malam ini adalah Jumat terakhir bulan Ramadhan ini. Maka, ucapkanlah selamat tinggal kepadanya dan ucapkanlah (doa tersebut).'"

Simak juga video tentang restoran di era new normal:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi