sign up SIGN UP search


trending

Seperti Apa Kerja di Korea, Curhat Wanita Ini Ungkap Tak Seindah Drama Korea Tapi

Kurnia Yustiana Senin, 22 Jun 2020 23:00 WIB
Depressed sad young female standing in a dark tunnel caption
Jakarta -

Buat para penggemar drama, Korea Selatan serasa dipenuhi berbagai hal yang indah. Tak jarang wanita Indonesia pecinta drama Korea ingin pergi ke Negeri Ginseng.

Nah, Korea Selatan pun termasuk salah satu negara impian wanita Indonesia untuk mencari kerja. Namun kenyataan memang tak seindah drama.

Ternyata bekerja di Korea Selatan tak seindah drama televisi. Seorang wanita Indonesia dengan channel YouTube Zhiee Leely pun mengungkap pengalamannya bekerja di Korea Selatan beberapa waktu lalu.


Zhiee Leely merasa pekerjaan yang dilakukannya cukup berat, dan umumnya tidak dilakukan oleh kaum hawa. Dia adalah operator robot las di sebuah pabrik onderdil mobil.

"Aku sendiri juga kerjaan cowok. Aku kerja sebagai operator robot las. Walaupun cuma pencet-pencet tombol terus kita periksa, tapi kan itu juga termasuk berat menurutku," ujar Zhiee Leely dalam video yang diunggah di channel YouTubenya, dikutip Senin (22/6/2020).

Ia mengatakan kalau bekerja di pabrik itu risikonya termasuk tinggi. Maka setiap hari, faktor keselamatan diri selalu menjadi prioritas.

"Soalnya besi-besi juga kan, terus entar asep juga. Jadi benar-benar harus safety pake masker," katanya.

Wanita Indonesia tukang las di koreaWanita Indonesia bekerja sebagai pengelas di Korea/ Foto: YouTube/Zhiee Leely

Zhiee Leely tak sendirian bekerja mengelas di pabrik. Ada pula teman-temanĀ wanita Indonesia yang bekerja di pabrik yang sama. Pernah terpikir olehnya untuk pindah tempat kerja, namun masih belum memungkinkan.

"Jadi pekerjaan kita tiap hari itu kayak gini. Jadi kalau sudah dilas barangnya harus diperiksa, dibersihin. Enak enggak kerja ngelas, enggak enak ya, tapi kan kita enggak boleh pindah. Jadi mau enggak mau harus dijalani," tuturnya.

Dalam videonya, Zhiee Leely juga beberapa kali menegaskan bahwa memangĀ Korea Selatan tak seindah drama. Walau begitu, dia tetap bersyukur dan menjalani pekerjaan serta kehidupannya di Korea Selatan itu dengan ikhlas.

"Kita harus tetap bersyukur tentang apa pun yang sedang kita jalani. Dan yang paling penting kita harus tetap semangat menjalani semuanya dengan ikhlas," ungkapnya.

Simak juga video kisah Yannie Kim jadi bintang drama di Korea Selatan:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi