sign up SIGN UP search


trending

Kisah Ibu Termungil Nekat Hamil & Lahirkan 3 Anak Meski Mengancam Jiwanya

Annisa Afani Sabtu, 27 Jun 2020 08:06 WIB
Ilustrasi ibu melahirkan caption
Jakarta -

Setiap wanita yang telah menikah, tentu memiliki naluri untuk menjadi seorang ibu. Tidak terbatas pada apapun, dan meski memiliki keterbatasan hingga berisiko kehilangan nyawa, mereka akan menghadapinya.

Kisah yang menggambarkan pengorbanan besar tersebut dilakukan oleh ibu termungil di dunia asal Kentucky, Amerika Serikat, bernama Stacey Herald. Mengidap osteogenesis imperfecta (IO) atau tulang rapuh membuatnya terpaksa berada di kursi roda untuk melakukan aktivitasnya.

Kelainan genetik itu telah menyebabkan beberapa tulang patah dan menghambat pertumbuhannya. Stacey hanya memiliki tinggi 73 centimeter (cm) dan dijuluki sebagai wanita termungil di dunia.


Dokter mengatakan bahwa Stacey seharusnya tidak mengambil risiko untuk memiliki anak. Dengan pinggulnya yang sangat kecil dan bermasalah, bisa membuat janin yang tumbuh berpotensi merusak paru-paru, jantung, dan tulang belakangnya.

Bahkan, ada kemungkinan 50:50 bagi Stacey untuk menurunkan kelainan genetik tersebut pada anak-anaknya. "Secara medis itu tidak mungkin secara fisik atau logis. Tapi itu semua dari rahmat Tuhan," kata Stacey, dikutip dari ABC News.

Bersama suami yang dinikahi pada 2004, Wil Herald, Stacey membesarkan ketiga anaknya, yakni Kateri, Makaya, dan Malachi. Anak sulung dan bungsunya lahir dengan kelainan OI seperti Stacey. Namun anak keduanya lahir normal dengan tinggi rata-rata.

Yayasan Osteogenesis Imperfecta menyebut bahwa ciri khas OI adalah tulang yang mudah patah, jaringan ikat yang rapuh, kulit dan pembuluh darah yang rapuh. Ini membuat semua organ tubuh menjadi lebih rentan.

Dari sekitar delapan jenis gangguan OI, Stacey memiliki Tipe 3, yang merupakan jenis paling parah dan bisa berakibat fatal, biasanya saat melahirkan. Orang dengan Tipe 3, biasanya memiliki tinggi di bawah 91 cm.

"Mereka bisa mengalami lusinan atau bahkan ratusan patah tulang selama hidup," kata Dr. Bradley Tinkle, seorang ahli genetika klinis dan direktur Klinik Skeletal Displasia di Cincinnati Children's Medical Center, yang juga menangani dan merawat Stacey.

Mengingat kasus Stacey yang memiliki anak dengan diagnosis yang disandangnya, Bradley menyebut hal tersebut sangat berbahaya dan bisa menjadi bencana yang mengancam jiwanya. "Dokter dapat membantu mengatasi rasa sakit, menambah kepadatan tulang, bahkan meluruskan anggota badan dengan tongkat. Tetapi kehamilan, terutama dengan janin berukuran normal dapat menjadi bencana baginya," tutur Bradley.

Karena itu, dia pernah melarang Stacey hamil karena bisa mendapatkan risiko lain, seperti kerusakan pada tulang belakang dan kelumpuhan. Akan tetapi Stacey menolak dan mengatakan bahwa dia tidak mengalami masalah fisik apapun selama kehamilan.

Kisah Ibu Termungil Nekat Hamil & Lahirkan 3 Anak Meski Mengancam JiwanyaKisah Ibu Termungil Nekat Hamil & Lahirkan 3 Anak Meski Mengancam Jiwanya/ Foto: Incredible Features / mediadrumimages.com/

Ketiga bayinya lahir prematur pada minggu ke-32 dan 33. Pada kehamilan terakhir, berat bayinya sekitar 1,9 kg. Dan berat tersebut, dua kali lipat dibandingkan dua anak lainnya saat dilahirkan.

Pasangan tersebut mengandalkan buku Supernatural Childbirth karya Jackie Mize, untuk membesarkan anak mereka. Wil memberi makan di malam hari, sedangkan Stacey di siang hari. Stacey memiliki platform khusus untuk mengganti popok dan memandikan anak-anaknya dari kursi roda.

Stacey mengatakan bahwa dia tidak canggung untuk melakukan kegiatan mengasuh tersebut karena sebelumnya pernah membantu serta mengurus para keponakannya. Meskipun geraknya terbatas di kursi roda, Stacey tetap berperan aktif dalam menjaga anak-anak bersama sang suami.

"Apa pun yang tidak bisa kulakukan, Wil bisa," tutur Stacey.

Stacey mengaku sangat bersyukur atas hal tersebut, ditambah lagi Wil juga sangat hebat melakukan semuanya. Terlepas dari kesulitan yang dihadapi serta bahaya yang luar biasa berisiko saat melahirkan, Stacey tetap senang menjadi seorang ibu. Dia menganggap dirinya serta anak-anak sebagai mukjizat dalam hidupnya.

Sayangnya, Stacey meninggal dunia di usia 44 tahun pada tahun 2018 lalu. Dia meninggalkan suami serta tiga putra dan putrinya. Tahun ini, Kateri berusia 13 tahun, Makya 12 tahun dan Malachi 10 tahun.

Bunda, simak juga metode pengobatan patah tulang dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi