sign up SIGN UP search


trending

29 Juli 1981 Putri Diana Nikahi Pangeran Charles, Diselingkuhi Lalu Dicampakkan

Muhayati Faridatun Rabu, 29 Jul 2020 08:09 WIB
Putri Diana dan Pangeran Charles caption
Jakarta -

Saat melihat sosok Putri Diana, Bunda mungkin berpikir, perempuan kelahiran 1 Juli 1961 ini seorang istri dan ibu yang sempurna. Tak hanya cantik parasnya, publik pun menilai dia berkepribadian baik sehingga dijuluki Queen of People's Heart.

Putri Diana dibesarkan di Althorp, kediaman mewah keluarga Spencer yang terletak di Northamptonshire, wilayah timur Inggris. Jadi sebenarnya, pemilik nama lengkap Diana Frances Spencer ini tak asing dengan megahnya istana.

Tapi, mungkin Bunda bertanya-tanya, kenapa pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles tak berjalan mulus? Kenapa Princess of Wales merasa terkekang dengan segudang aturan di Buckingham Palace? Ya, di balik senyum dan keceriaan, Putri Diana ternyata menyimpan kegelisahan.


Jatuh cinta

Putri Diana pertama kali bertemu Pangeran Charles pada November 1977. Ia masih berusia 16 tahun, sedangkan putra sulung Ratu Elizabeth II itu sudah menginjak 29 tahun. Dikutip dari Town & Country Magazine, Pangeran Charles kala itu sedang berburu belibis di Althorp.

Awalnya, Pangeran Charles menemui kakak Putri Diana yang sudah lebih dulu berteman dengannya, Lady Sarah. Hingga akhirnya, Sang Pangeran melihat Putri Diana yang masih sangat belia. Lalu apa yang terlintas dalam benak Pangeran Charles saat itu?

"Saya ingat, betapa di usianya yang 16 tahun, dia sangat periang, lucu, dan menarik. Maksud saya sangat menyenangkan," kenang Charles, saat wawancara dengan The Telegraph.

Singkat cerita, setelah pertemuan itu, Putri Diana dan Pangeran Charles berkencan tak lebih dari 13 kali. Mereka lalu resmi bertunangan pada 24 Februari 1981. Usai menerima lamaran Sang Pangeran, Putri Diana malu-malu menjawab pertanyaan koresponden Istana soal jatuh cinta.

"Sudah tentu (cinta)," ucap Putri Diana, mengutip tayangan YouTube channel iLovePrincessDiana.

Putri Diana dan Pangeran CharlesPutri Diana dan Pangeran Charles menikah/ Foto: Instagram

Royal Wedding

Tepat pada hari ini 39 tahun silam, 29 Juli 1981, Putri Diana dan Pangeran Charles mengikat janji suci di St. Paul's Cathedral, London. Dikutip dari Biography, Royal Wedding itu dihadiri tak kurang dari 2.650 tamu undangan.

Pernikahan itu juga disiarkan televisi di seluruh dunia. Diberitakan, hampir satu miliar orang dari 74 negara menyaksikan momen sakral, yang dianggap pernikahan abad itu. Wow! Bunda terbayang enggak sih, bagaimana megahnya Royal Wedding yang sangat fenomenal itu?

Putri Diana berbalut gaun pengantin yang terbuat dari sutera dan renda antik, serta 1.000 mutiara, lengkap dengan tudung sepanjang 7,6 meter. Gaun itu dirancang pasangan desainer suami istri, David dan Elizabeth Emanuel.

Tapi sayangnya, hari bahagia itu ternoda usai Putri Diana melihat sosok wanita di barisan tamu undangan. Saat berjalan menuju altar didampingi sang ayah, John Spencer, ia tak menyangka pandangannya menangkap wajah Camilla Parker-Bowles, kekasih lama Pangeran Charles.

"Saat berjalan menyusuri lorong, aku melihat Camilla, mengenakan gaun abu-abu muda, topi tanpa pinggiran dengan tudung, saya lihat semuanya. Putranya, Tom, berdiri di atas kursi," ucap Putri Diana.

Curahan hati Putri Diana ini tertulis dalam buku Diana: Her True Story in Her Own Words, karya penulis biografi Kerajaan Inggris, Andrew Morton, yang dirilis pada 1992 silam. Ini kemudian ditayangkan dalam film dokumenter National Geographic berjudul Diana: In Her Own Words.

Pangeran Charles selingkuh

Kehadiran dua buah hati setelah menikah, tentu jadi bukti cinta Putri Diana dan Pangeran Charles. Anak pertama mereka, Pangeran William, lahir pada 21 Juni 1982. Sedangkan sang adik, Pangeran Harry, lahir pada 15 September 1984.

Tapi ternyata, dua tahun setelah kelahiran Pangeran Harry, Pangeran Charles menjalin hubungan lagi dengan Camilla. Putri Diana harus menelan pil pahit, saat menanyakan Sang Pangeran tentang perselingkuhan itu. Tak disangka, jawabnya sungguh menusuk hati.

"Saya menolak jadi satu-satunya Pangeran Wales yang tidak pernah punya wanita simpanan," begitu yang Pangeran Charles katakan pada Putri Diana, dikutip dari Cheat Sheet.

Putri Diana juga menemui Ratu Elizabeth II untuk memberi tahu perselingkuhan Pangeran Charles. Ia mencurahkan perasaannya pada sang ibu mertua, hingga tak mampu menahan tetesan air mata.

"Saya menemui Ratu, menangis, dan saya berkata, 'Apa yang harus saya lakukan? Saya datang padamu, apa yang harus saya lakukan?'"

Lantas, bagaimana reaksi Ratu? "Dan dia berkata, 'Saya tidak tahu apa yang harus kamu lakukan. Charles putus asa.' Ya itulah, dan itu adalah bantuan," ungkap Putri Diana.

Pangeran Charles dan CamillaPangeran Charles dan Camilla/ Foto: Instagram @clarencehouse

Pisah lalu bercerai

Bagai petir di siang bolong, saat publik akhirnya tahu apa yang sebenarnya terjadi dalam rumah tangga Putri Diana dan Pangeran Charles. Pada 9 Desember 1992, John Major, Perdana Menteri Inggris ketika itu, mengumumkan mereka telah berpisah.

Meski begitu, Putri Diana belum meninggalkan Istana Buckingham. Ia juga masih menunaikan tugas negara bersama Pangeran Charles. Lalu pada 25 November 1995, dalam program Panorama di BBC, Putri Diana mengungkapkan kehidupannya sebagai anggota Kerajaan Inggris. Termasuk keputusan berpisah.

"Kesedihan yang dalam. Kami sudah berjuang untuk mempertahankan, tapi jelas kami kehabisan tenaga," kata Putri Diana pada jurnalis BBC saat itu, Martin Bashir.

"Saya kira itu bisa melegakan bagi kami berdua bahwa akhirnya, kami mengambil keputusan. Tetapi suami saya meminta perpisahan dan saya mendukungnya."

Putri Diana juga mengaku, pengumuman resmi Perdana Menteri Inggris soal perpisahan dengan Pangeran Charles, ia dengar dari radio. Baginya itu sangat menyedihkan.

"Sangat sedih. Dongeng sudah berakhir, dan yang terpenting pernikahan kami berubah, jadi berbeda," ujar Putri Diana.

Kisah cinta Putri Diana dan Pangeran Charles memang seperti di negeri dongeng ya, Bunda? Mereka pun resmi bercerai pada 28 Agustus 1996, lalu Putri Diana benar-benar terhempas dari kehidupan Istana. Meski tak lagi menyandang gelar kehormatan Her Royal Highness (HRH) atau Yang Mulia, ia tetap sebagai Princess of Wales.

Bunda, simak juga ungkapan hati Lenna Tan yang pernah menikah muda dan bercerai di usia 20 tahun. Di video Intimate Interview berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi