sign up SIGN UP search


trending

Duh! Kemendragi Pastikan Rekrutmen CPNS Akan Dibatasi Tahun Ini

Yuni Ayu Amida Kamis, 30 Jul 2020 20:32 WIB
Para calon PNS mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) di Kantor Wali Kota Jaksel. Ada ribuan peserta yang mengikuti tes ini. caption
Jakarta -

Menjadi PNS atau ASN masih menjadi impian sebagian besar masyarakat Indonesia. Nah, jika Bunda atau keluarga juga memiliki keinginan yang sama harus lebih bersabar nih.

Pemerintah baru saja mengumumkan bahwa akan mulai membatasi rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Kabar ini disampaikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo. Menurutnya, langkah ini merupakan bagian dari reformasi birokrasi pemerintah.

"Proses rekrutmen CPNS akan kita batasi," kata Tjahjo.


Pembatasan rekrutmen CPNS ini akan dibatasi sesuai kebutuhan di instansi pusat maupun di instansi daerah, Bunda. Hanya saja kapan kebijakan tersebut akan diberlakukan belum diketahui secara pasti.

Lebih lanjut, Tjahjo menjelaskan saat ini jumlah aparatur sipil negara (ASN) mencapai 4,3 juta orang. Dengan 1,6 juta di antaranya bekerja sebagai tenaga administratif di kementerian lembaga maupun pemerintah daerah.

"Dari 4 juta lebih [sisanya] ini 70 persen ada di pemerintah daerah. Dalam konteks reformasi birokrasi, saya kira yang 1,6 juta akan kita update kembali," jelasnya.

Sedangkan untuk rencana kedepannya, 1,6 juta ASN yang berprofesi sebagai tenaga administratitif akan ditugaskan sebagai tenaga pengajar atau guru, serta penyuluh di pedesaan yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

"Memang 1,6 juta ini ke depan akan kita alokasikan untuk 700.000 tenaga pengajar yang sekarang sedang dipersiapkan KemenPANRB, Kemendikbud, Kementerian Keuangan, serta Kemendagri," kata Tjahjo, demikian dilansir CNBC Indonesia, Kamis (30/7/2020).

Simak juga tips aman ke kantor di masa pandemi dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]





(yun/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi